web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

     31,76% Warga Cimahi Belum Nikmati Air Bersih
    net

    31,76% Warga Cimahi Belum Nikmati Air Bersih

    JuaraNews, Cimahi – Pemkot Cimahi masih banyak memiliki pekerjaan rumah dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih. Di antaranya untuk pemenuhan air bersih bagi sekitar 530.000 jiwa penduduk Cimahi sebab hingga tahun 2017, cakupan pelayanan air bersih baru mencapai 68,24%. Artinya, masih ada sekitar 31,76% warga Kota Cimahi yang belum menikmati air bersih.

    "Rincian 76.900 sambungan rumah (SR) dengan jumlah penduduk sebanyak 365 ribu jiwa yang sudah terlayani," terang Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana, Kamis (22/3/2018).

    Cakupan air bersih terpenuhi oleh beberapa sumber air. Di antaranya dari PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung sebanyak 14.500 SR, PDAM Tirta Wening Kota Bandung sebanyak 500 SR, dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Air Minum Kota Cimahi sebanyak 1.474 SR.

    Masyarakat juga mendapatkan pasokan air bersih dari sumur artesis sebanyak 7.336 SR dan swadaya masyarakat berupa sumur dangkal kurang lebih 49.676 SR. Untuk memenuhi sisa kebutuhan air bersih bagi warga Cimahi, DPKP Kota Cimahi memiliki sejumlah program yang akan direalisasikan dalam beberapa tahun ke depan.

    Rencananya, untuk pemenuhan air bersih, pihaknya akan mengelola air yang bersumber dari aliran sungai Leuwilayung yang berada di Kampung Sukasari, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

    "Rencananya, sumber air Leuwilayung akan menyalurkan air sampai 500 liter/detik atau untuk 5.000 SR," sebutnya.

    Guna merealisasikan rencana tersebut, pihaknya sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) dan tahapan pembebasan lahan untuk sistem pengolahan air di Leuwilayung. "Untuk sekarang DED-nya sudah siap, tinggal pembebasan lahan untuk pengolahan airnya," katanya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Petugas Buat Sketsa Wajah Bocah Korban Pembunuhan
    Pembangunan PAB Kota Cimahi Segera Dilanjutkan
    288 ASN di Pemkot Cimahi Diganjar Penghargaan
    Lulusan SD dan yang Diterima di SMPN Tak Sebanding
    Satgas kembali Temukan Limbah Dibuang ke Sungai
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018