web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Peternak Sapi Perah asal Lembang Sulit Cari Rumput
    net

    Peternak Sapi Perah asal Lembang Sulit Cari Rumput

    JuaraNews, Bandung Barat - Peternak sapi perah di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, mengaku kesulitan mendapatkan pakan rumput. Tidak hanya pada musim kemarau, saat musim hujan seperti sekarang ini pun rumput yang jadi pakan hijauan itu tetap sulit dicari.

    "Kalau musim kemarau, biasanya rumput buat sapi itu diganti dengan jerami. Namun, buat kondisi sekarang, musim hujan juga rumput itu susah dicari,” kata salah seorang peternak sapi Dadang seusai mengikuti rapat anggota tahunan (RAT) Koperasi Peternak Susu Bandung Utara (KPSBU) di Gedung Abadi Hass Lembang, Kamis (22/3/2018).

    Menurutnya kebutuhan pakan hijauan yang sulit diperoleh itu, tak terlepas dari keterbatasan lahan di sekitar Lembang, yang kian berkembang menjadi kawasan wisata. Bahkan, dia menyebutkan, hanya sebagian kecil peternak yang memiliki lahan yang ditanami rumput. 

    "Untuk memenuhi kebutuhannya, terpaksa saya harus mencari sampai ke dalam hutan. Cari rumput kebhutan itu sudah menjadi rutinitas saya, mau musim kemarau atau musim hujan," ungkapnya.

    Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan KBB Undang Husni Thamrin mengakui, pakan rumput buat ternak sapi menjadi kenala. Apalagi populasi sapi perah dan sapi pedaging di Bandung Barat berjumlah sekitar 38.000 ekor, di mana sekitar 20.000 ekor merupakan sapi milik anggota KPSBU.

    "Rumput itu menjadi pakan berkualitas bagi sapi, salah satunya jenis rumput gajah dan indigofera. Saat ini di Gununghalu kami sudah mulai mengembangkan budidaya rumput indigofera seluas sekitar 15 hektare,” kata Undang. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Kisruh, Konfercab PCNU KBB Dituding Cacat Hukum
    1.127 Calhaj KBB Diterbangkan Mulai 28 Juli 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018