web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Terkendala Lahan, Pemda KBB Sulit Cari TPA Baru
    net

    Terkendala Lahan, Pemda KBB Sulit Cari TPA Baru

    JuaraNews, Bandung Barat – Keterbatasan lahan membuat Pemkab Bandung Barat kesulitan mencari alternatif lahan untuk TPA sampah.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup KBB Apung Hadiat Purwoko menuturkan, pemerintah daerah sebenarnya sudah membidik tiga titik TPA sampah lokal seperti di Kecamatan Cililin, Cipatat, dan Lembang. Namun, hingga kini lahan di Cililin dan Cipatat belum dibebaskan.

    “Untuk membangun TPA lokal, dibutuhkan sekitar 4,5 hektare. Lahan yang tersedia baru ada di Lembang. Namun kendalanya, yaitu kerja sama dengan pihak ketiga,” terangnya.

    Pihak ketiga membutuhkan bahan baku sampah yang mencukupi untuk kemudian diolah menjadi tenaga listrik. Jika bahan baku kurang dari 1.000 ton per hari, investor enggan menggarapnya lantaran akan kesulitan menutupi biaya produksi.

    Untuk bisa memenuhi bahan baku tersebut, dibutuhkan kerja sama dengan daerah lain, seperti Kota Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung. Jika ditotalkan, rata-rata produksi sampah per hari bisa mencapai 5.000 ton.

    "Kalau melibatkan daerah lain tentu jadinya bukan lokal lagi, tetapi regional. Dan, itu urusannya harus melibatkan pemerintah provinsi," kata Apung.

    Apung mengakui, keberadaan TPA lokal sebenarnya sangat dibutuhkan mengingat akan habisnya operasional TPA Sarimukti di Cipatat pada 2020 nanti. Selanjutnya, TPA akan dialihkan ke Legoknangka, Kabupaten Bandung dengan jarak yang lebih jauh. 
    Selain itu, dikabarkan bahwa ongkos buang (tipping fee) lebih besar 7 kali lipat dibandingkan dengan di TPA Sarimukti. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Kisruh, Konfercab PCNU KBB Dituding Cacat Hukum
    1.127 Calhaj KBB Diterbangkan Mulai 28 Juli 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Memilih
      Selamat Memilih

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 resmi dihelat Rabu, 27 Juni 2018 ini.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018