web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    17 Mobil Terseret Banjir, 1 Unit Tercebur Sungai
    detik.com Petugas Damkar mengevakuasi bangkai mobil

    17 Mobil Terseret Banjir, 1 Unit Tercebur Sungai

    JuaraNews, Bandung - Sebanyak 17 mobil dan beberapa motor dilaporkan terseret banjir hingga mengalami kerusakan parah akibat luapan Sungai Cipamokolan, Selasa (20/3/2018) sore. Bahkan ada mobil warga yang terseret hingga tercebur sungai dan rusak parah.

    Anggota Rescue Damkar PB Kota Bandung Totoy Yuhasmana mengatakan, dari laporan sementara tercatat 8 motor yang tengah terparkir rusak terseret banjir. Totoy menyebut, air kiriman itu berasal dari luapan Sungai Cicabe. Air muncul dari saluran air yang berada tidak jauh dari Jalan AH Nasution di sekitar Terminal Cicaheum.

    Timnya berupaya mengevakuasi mobil yang tertumpuk. Ia pun sempat meminta warga agar tak merokok atau menyalakan api di lokasi tersebut lantaran banyak bahan bakar yang bercampur air.

    “Pas saya ke sana, bau bensin. Kami langsung meminta warga yang ada di sekitar untuk tidak merokok di sekitar lokasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Totoy, Rabu (21/3/2018).

    Dua kendaraan rescue beserta dua regu diterjunkan. Setiba di lokasi, pihaknya menerima laporan adanya warga yang terbawa arus di salah satu parit. Beruntung, korban yang berprofesi sebagai guru itu berhasil diselamatkan.

    Tak hanya itu, sejumlah kendaraan pun dilaporkan terbawa luapan air. Setiba di lokasi, betul ada informasi beberapa kendaraan yang terbawa hanyut, di antaranya motor yang masuk ke parit dan ada 1 warga terjebak.

    “Kita lebih cenderung ke penyelamatan nyawa dulu dan kita sisir. Akhirnya betul ada seorang guru identitasnya belum didata. Yang jelas dia selamat,” ujar Totoy.

    Derasnya arus air membuat sejumlah kendaraan terseret hingga mengalami kerusakan. Petugas mencatat sebanyak 17 mobil dan 6 motor mengalami kerusakan cukup parah.

    “Menurut informasi, 5 atau 6 motor roda dua, sementara yang saya hitung 17 roda empat (di garasi penitipan mobil) bertumpuk terdorong arus. Di situ kami pantau ada bau bahan bakar. Kami sudah menginformasikan jangan sampai ada yang merokok karena bahan bakar minyak itu berada di atas air. Kalau ada percikan api bisa terjadi kebakaran,” paparnya.

    Setelah itu, petugas melakukan pembersihan lumpur untuk memperlancar arus lalu lintas. Pihaknya langsung menerjunkan mobil tangki berkapasitas 8.000 liter air. Menurut Totoy, ketebalan lumpur yang menghampar ke jalan mencapai 70 cm dengan panjang sekitar 70 meter.

    “Dampak banjir tersebut mengakibatkan lumpuhnya lalu lintas arah ke timur karena jalan tertutup lumpur sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Sampai saat ini kami masih berupaya untuk membuka celah jalan,” jelas Totoy.

    Tercebur ke Sungai

    Sementara itu, mobil Xenia nopol D 1043 UI ditemukan hanyut di Sungai Cipamokolan. Bangkai mobil tersebut ringsek. Mobil bercat perak itu ditemukan di aliran Sungai Cipamokolan tepatnya di Jalan Kuningan 11, Antapani Tengah, Rabu (21/3/2018).
    Mobil ditemukan dengan posisi tertelungkup. Kondisi mobil ringsek nyaris tidak berbentuk lagi. Dua roda depan mobil sudah tidak terlihat menempel di badan mobil. Posisi mobil yang berada di tengah-tengah aliran sungai yang cukup deras membuat evakuasi sulit.

    Sebelumnya, orang tua pemilik mobil Adang Priatna menuturkan mobilnya milik anaknya tersebut hanyut saat banjir bandang menerjang rumahnya di Perumahan Bukit Resik, Jatihandap, Selasa (20/3/2018) sore.

    Tembok perumahannya yang membatasi dengan aliran Sungai Cihideung jebol. Akibatnya air sungai meluap hingga menggenangi perumahan. Mobilnya yang tengah terparkir di garasi hanyut.

    "Waktu itu mobil di garasi, ternyata benteng pinggir kali jebol. Air langsung masuk perumahan setingginya 2 meter. Mobil anak saya hanyut akhirnya," kata Adang ditemui di lokasi penemuan mobil.

    Dia bersama warga sekitar berusaha mencari keberadaan mobil saat banjir surut, namun tak kunjung membuahkan hasil. "Tadi pagi kebetulan teman ngasih tahu ada mobil hanyut di Sungai Cipamokolan. Saya cek ternyata benar mobil anak saya. Berarti terseret sekitar 10 km," ujar Adang. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kesbangpol Kota Bandung Fokus Bina Pemilih Pemula
    Di Kota Bandung, Ada Posyandu di Mal
    Aparat Kewiilayahan Diminta Waspadai Miras Oplosan
    Tiap Kecamatan Diminta Rutin Gelar Kegiatan Religi
    Camat di Kota Bandung Harus Cerdas Kelola Anggaran
    Berita Terdahulu

    Pilwalkot Bandung 2018

    Info Kota

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.