web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Tercatat, Ada 8 Titik Galian C di Subang Ilegal
    net

    Tercatat, Ada 8 Titik Galian C di Subang Ilegal

    JuaraNews, Subang – Aktivitas galian C di Kabupaten Subang banyak yang tidak memiliki izin. Berdasarkan inventarisir awal terdata kini setidaknya ada sebanyak 8 usaha galian C yang belum mengantongi izin tapi telah beroperasi.

    “Kami sudah mencatat sedikitnya ada 8 penambangan yang diduga tidak memiliki izin resmi alias ilegal di wilayah Subang dan hingga kini belum ada tindakan apa-apa dari aparat berwenang, terutama Pemprov Jawa Barat,“ kata Ketua Umum Hijau Lestari Indonesia (LHI), Jhon Effendi, Minggu (18/3/2018).

    Dia menyebutkan, aksi penutupan beberapa galian yang dikatagorikan liar karena ilegal sempat dilakukan pada tahun 2014 silam. Namun kini, entah bagaimana malah sepertinya ada pembiaran.

    Padahal akibatnya banyak permasalahan lingkungan yang berimbas kepada masyarakat seperti abrasi, pendangkalan sungai, debit air sungai naik drastis, berkurangnya lahan produktif pertanian, serta kerusakan jalan, termasuk ekosistem sampai pada rawan bencana alam.

    “Salah satu bukti ada bekas galian ilegal yang longsor di daerah Kasomalang hingga merugikan warga lainnya termasuk lahan pertanian," sambungnya.

    Permasalahan inipun sudah dilaporkan ke Kantor ESDM Provinsi Jawa Barat akhir Januari 2018 lalu tetapi hingga kini belum ada aksi untuk menertibkannya. Untuk itulah pihaknya akan membawa permasalahan ini ke tingkat yang lebih tinggi karena mungkin saja di daerah tidak berani untuk menutup. (*)

    yan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Dinkes : Belum Ada Warga Jabar Terjangkit Virus Corona
    RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terdampak Virus Corona
    Jalur Kereta Api Cibatu-Garut Diuji Coba, Awal Pebruari Mulai Dioperasikan
    Honorer Dihapus, BKD Jabar Anjurkan Daftar P3K
    Badan Kehormatan Sudah Tahu Ada Anggota DPRD Jabar Pukul Sopirnya

    Editorial