web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Asah Skill e-Commerce Logistik, RI Gandeng Temasek
    istimewa

    Asah Skill e-Commerce Logistik, RI Gandeng Temasek

    JuaraNews, Jakarta - Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Temasek Foundation International Singapore, menggelar program capacity building dalam e-commerce logistik di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari implementasi roadmap e-commerce di Indonesia.

    Program tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian bersama Kementerian Riset Teknologi dan Dikti, sementara PT Pos Indonesia ditunjuk sebagai koordinator pelaksana. Sedangkan institusi dari Singapura yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk berbagi pengalaman di bidang e-commerce logistics, yakni Singapore Cooperation Enterprise (SCE) dan Republic Polytechnic Singapore (RPS).

    Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) di antara pihak-pihak tersebut, yang mencakup 2 program pengembangan kapasitas dalam e-commerce logistik yang didukung dana dari Temasek Foundation International.

    Deputi bidang Koordinasi Perdagangan dan Industri Kemenko Perekonomian Elen Setiadi mengungkapkan, program kerja sama dengan Singapore Cooperation Enterprise tersebut akan menggabungkan keahlian yang relevan dari sektor publik dan swasta Singapura, melalui serangkaian lokakarya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

    Elen mengungkapkan, program ini bertujuan untuk membangun kemampuan peserta dari Indonesia yang berasal dari PT Pos Indonesia dan BUMN lain yang bergerak di bidang logistik e-commerce. Melalui program ini, peserta akan dapat memeroleh pemahaman tentang kebijakan, strategi, infrastruktur logistik, layanan dukungan, dan industri yang relevan digabungkan untuk menciptakan ekosistem yang kondusif dan holistik untuk pengembangan e-commerce.

    "Kami sangat berterima kasih kepada Temasek Foundation International Singapore atas kerja sama yang baik serta menyediakan pendanaan dan program untuk ikut membantu dalam hal peningkatan skill SDM di bidang e-commerce logistik di Indonesia," kata Elen seusai penandatanganan MoU di Gedung Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (12/3/2018).

    Sesuai dengan roadmap e-commerce Indonesia, jelas Elen, pemerintah perlu merevitalisasi PT Pos sebagai tulang punggung (backbone) e-commerce logistics. Karena, dengan jaringannya yang luas tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan dukungan SDM yang tangguh, merupakan potensi besar untuk mendukung e-commerce dengan konektivitas logistik di Indonesia.

    Sementara itu, Presiden Direktur PT Pos Indonesia Gilarsi Wahju Setijono mengungkapkan, relevansi Pos Indonesia dan pemain lain di industri logistik bergantung pada apakah mampu mengatasi perubahan dan disruption di dalam industri.

    "Kerja sama ini merupakan salah satu upaya penting untuk memainkan peran yang kuat dan memberikan pelayanan terbaik dalam logistik e-commerce. Melalui kerja sama ini, sumberdaya manusia Pos Indonesia bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang berharga," papar Gilarsi. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pengiriman Gratis Bantuan ke Lombok Membeludak
    Berikan Peluang Usaha,KNPI Gelar Pelatihan Barista
    HUT ke-73 RI, PT KAI Tawarkan Tarif Promo Rp73.000
    PD Pasar dan BSM Siap Bantu Permodalan Pedagang
    DFSK Gebrak GIIAS 2018 dengan SUV Terbaru
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mari Kita Berkurban
      Mari Kita Berkurban

      SEKITAR 2,1 miliar umat muslim di seluruh dunia serentak memeringati Hari Raya Idul Adha yang pada 2019 ini jatuh pada hari Rabu (22/8/2018).