web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemkab Ciamis Kembangkan Lalat Pemakan Sampah
    net

    Pemkab Ciamis Kembangkan Lalat Pemakan Sampah

    JuaraNews, Ciamis – Pemkab Ciamis sedang membudidayakan serangga lalat tentara hitam untuk mengurangi sampah organik. Kegiatan itu dilakukan oleh para Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Ciamis yang tergabung dalam Paguyuban Sapu Nyere.

    "Kami mulai membudidayakan maggot sejak lima bulan lalu. Agar lebih berkembang kegiatan serupa juga dilalukan di beberapa tempat,” ungkap Kepala Bidang  Kebersiahan Persampahan dan Pertamanan, DPRKPLH Ciamis, Bayu Rahmana, Jumat (9/3/2018).

    Bayu menjelaskan, Maggot memiliki kandungan protein tinggi. Dengan kandungan protein tinggi, ternak yang dikasih pakan maggot pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan yang tidak diberi larva tersebut.

    “Setelah diberi pakan maggot, masa panen lele bisa tiga minggu lebih cepat dibandingkan biasanya. Maggot tidak hanya mengurangi pengeluaran, kualitas ikan atau unggas juga lebih bagus, lebih sehat, karena pakannnya organik. Ternak juga lebih tahan dari serangan penyakit,” tuturnya.

    Kegiatan ternak maggot, juga dimaksudkan untuk meningkatkan penghasilan THL. Kegiatan tersebut dilakukan setelah mereka mengerjakan pekerjaan utama sebagai petugas kebersihan. Selain maggot, juga memanfaatkan plastik besar untuk dijadikan ekobrik, memasukkan sampah plastik ke botol plastik. “Maggot termasuk sangat rakus, pakannya adalah sampah organik,” kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google