web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Gugatan Dikabulkan, PBB Lolos Jadi Peserta Pemilu
    net Bawaslu menggelar sidang Ajudikasi gugatan PBB

    Gugatan Dikabulkan, PBB Lolos Jadi Peserta Pemilu

    JuaraNews, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap KPU, dan menyatakan PBB layak maju sebagai partai peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

    Dalam sidang Ajudikasi Penyelesaian Sengketa Pemilu, Bawaslu menyimpulkan, PBB memiliki kelengkapan dan keabsahan sebagai peserta Pemilu.

    "Menimbang hasil verifikasi faktual berdasarkan berita acara menyatakan status kepengurusan, keterwakilan perempuan 30 persen, domisili kantor dan keanggotaan pada Kabupaten Manokwari Selatan memenuhi syarat," ujar anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam sidang putusan di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin Jakarta, Minggu (4/3/2018) malam.

    Bawaslu juga menganggap, verifikasi KPU di Kolaka Timur, bersifat sah. Alasannya karena kabupaten tersebut merupakan daerah otonomi baru dan verifikasi dilakukan sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

    "Yang merupakan daerah otonomi baru tentang pembentukan tidak dilakukan verifikasi setelah putusan MK tetapi mengacu pada hasil verifikasi faktual sebelum putusan MK," ucap Fritz.

    Atas pertimbangan itu, Bawaslu memutuskan PBB layak maju sebagai partai peserta pemilu 2019. Bawaslu juga memerintahkan KPU melaksanakan putusan ini paling lambat 3 hari setelah keputusan dibuat.

    "Memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan PBB sebagai partai politik peserta Pemilu DPR-DPRD RI tahun 2019," kata Ketua Bawaslu yang menjadi Ketua majelis pemeriksa sidang, Abhan.

    Sebelumnya pada 17 Februari lalu, KPU menyatakan 14 partai lolos verifikasi dan berhak menjadi peserta Pileg 2019. KPU pun telah melakukan pengundian nomor urut peserta Pemilu. Ke-14 parpol tersebut, yakni Nomor urut 1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 2 Partai Gerindra, 3 PDI Perjuangan, 4 Partai Golkar, 5 Partai Nasdem, 6 Partai Garuda, 7 Partai Berkarya, 8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS), 9 Partai Perindo, 10 Partai Persatuan Pembangunan (PPP), 11 Partai Solidaritas Indonesia (PSI), 12 Partai Amanat Nasional (PAN), 13 Partai Hanura, 14 Partai Demokrat.

    Dua partai dinyatakan tidak lolos, yakni PBB dan PKPI. PBB selanjutnya melayangkan gugatan ke Bawaslu. Sebelumnya dilakukan mediasi antara PBB dan KPU. Namun karena tak ditemui kata sepakat akhirnya berlanjut pada materi gugatan, dan akhirnya gugatan PBB dikabulkan oleh Bawaslu.

    Menanggapi diloloskan PBB oleh Bawaslu, pihak KPU menyatakan akan mempelajarinya dan membahas hal tersebut dalam rapat pleno KPU. "KPU akan mengkaji terlebih dahulu. Kami akan pelajari hasil keputusan ini," ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari seusai sidang. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemprov-BBWS Percepat Proyek di Sepanjang Citarum
    Unesco Resmi Terbitkan Sertifikat UGG Ciletuh
    Demiz Dorong NU Ciptakan Wirausahawan Baru
    Sasar 9 Juta Suara, Demiz Maksimalkan Mesin Partai
    Dilarang KPI, Demiz: Korbannya Tak Hanya Saya
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.

      Advertisement On Google