web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Air Citarum Tidak Layak Untuk Ikan dan Diminum
    net

    Air Citarum Tidak Layak Untuk Ikan dan Diminum

    JuaraNews, Bandung Barat – Mutu air Citarum terklasifikasi pada kategori tercemar berat, yang tak layak untuk diminum atau untuk perikanan. Hal itu berdasarkan pengecekan yang dilakukan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Saguling dengan pihak Unpad.

    General Manager PT Indonesia Power UP Saguling Buyung Arianto mengatakan, pihaknya bersama Unpad melakukan pengecekan terhadap air Citarum yang masuk ke PLTA Saguling sebanyak empat kali dalam setahun. Walaupun sampah di aliran Sungai Citarum sudah banyak berkurang, airnya masih tercemar oleh limbah industri.

    "Kualitas air di Citarum itu berada di kategori IV (tercemar berat). Jadi, airnya itu sebetulnya sudah tidak layak untuk minum, wisata air, dan perikanan,” ucapnya.

    Golongan air ini cuma bisa untuk menyiram tanaman tertentu dan jika untuk pembangkit masih bisa digunakan. Selama ini PT Indonesia Power telah mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membenahi kualitas air di Citarum. Pasalnya, kualitas air yang buruk dalam jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan pada mesin pembangkitan.

    "Anggaran itu sebetulnya relatif sangat besar. Penyebabnya, diantaranya ialah untuk membersihkan air. Namun, yang paling utama ialah limbah pabrik, yang dapat menyebabkan korosi pada mesin, sehingga bisa mengurangi usia PLTA," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018