web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Air Citarum Tidak Layak Untuk Ikan dan Diminum
    net

    Air Citarum Tidak Layak Untuk Ikan dan Diminum

    JuaraNews, Bandung Barat – Mutu air Citarum terklasifikasi pada kategori tercemar berat, yang tak layak untuk diminum atau untuk perikanan. Hal itu berdasarkan pengecekan yang dilakukan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Saguling dengan pihak Unpad.

    General Manager PT Indonesia Power UP Saguling Buyung Arianto mengatakan, pihaknya bersama Unpad melakukan pengecekan terhadap air Citarum yang masuk ke PLTA Saguling sebanyak empat kali dalam setahun. Walaupun sampah di aliran Sungai Citarum sudah banyak berkurang, airnya masih tercemar oleh limbah industri.

    "Kualitas air di Citarum itu berada di kategori IV (tercemar berat). Jadi, airnya itu sebetulnya sudah tidak layak untuk minum, wisata air, dan perikanan,” ucapnya.

    Golongan air ini cuma bisa untuk menyiram tanaman tertentu dan jika untuk pembangkit masih bisa digunakan. Selama ini PT Indonesia Power telah mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membenahi kualitas air di Citarum. Pasalnya, kualitas air yang buruk dalam jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan pada mesin pembangkitan.

    "Anggaran itu sebetulnya relatif sangat besar. Penyebabnya, diantaranya ialah untuk membersihkan air. Namun, yang paling utama ialah limbah pabrik, yang dapat menyebabkan korosi pada mesin, sehingga bisa mengurangi usia PLTA," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
     Pemda KBB Siapkan Operasi Pasar Beras Murah
    Permintaan Naik, Pasokan Daging Ayam Ditambah 150%
    234 Kepala Sekolah di KBB Dirotasi dan Mutasi
    Sebagian Warga KBB Sudah Puasa Lebih Dulu
    IJTI Sangkuriang Cimahi-KBB Kecam Aksi Terorisme
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Pilwalkot Bandung 2018

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.