web stats service from statcounter

Hot News

  • Rumah James Riady Digeledah KPK
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    • 18 Oktober 2018 | 09:58:00 WIB

    BUNTUT penangkapan Bupati Bekasi oleh KPK, rumah CEO Lippo Group James Riady digeledah lembaga anti rasuah tersebut.

Inspirasi

    Pemkot Bandung Rutinkan Bebersih Pasar
    net ilustrasi

    Pemkot Bandung Rutinkan Bebersih Pasar

    JuaraNews, Bandung - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Muhamad Solihin menggalakan program Bebersih Pasar yang akan rutin dilakukan di pasar-pasar di Kota Bandung setiap Jumat.

    Kegiatan Bebersih Pasar ini pertama kali dipimpin Solihin di Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Jumat (2/3/2018). Solihin menegaskan, kegiatan tersebut tidak hanya untuk penilain Adipura, tapi akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di seluruh pasar tradisional di Kota Bandung.

    Kegiatan bebersih tersebut diikuti petugas satuan dari unsur dinas terkait kebersihan, seperti PD Pasar, PD Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung, Dinas Pemadam Kebakaran, aparat kewilayahan, satpol PP dan para relawan. Mereka turun langsung dan ikut membantu secara gotong-royong membersihkan seluruh sampah di berbagai titik dan aliran sungai.

    Dalam kesempatan tersebut, Solihin menyoroti perilaku buruk sebagian besar pedagang Pasar Gedebage yang tidak mau menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan pedagang hingga membuang sampah ke depan tempat berjualannya sendiri termasuk drainase.

    "Ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk mengingatkan pedagang dalam memperhatikan lingkungannya. Kalau mereka ingin dagangannya laku keras maka penting rutin membersihkan disekitarnya," ujar Solihin seusai memimpin kegiatan Bebersih Pasar.

    Dia mengungkapkan, sebagian besar yang dijual di Pasar Gedebage merupakan produk konsumsi langsung, seperti sayuran, daging, buah-buahan, yang membutuhkan lingkungan bersih dan sehat. Sehingga jik kotor dan tidak nyaman, maka akan dijauhi pembeli.

    Menurutnya, peran masyarakat dibutuhkan baik pengelola pasar, pengelola kebersihan, dan terutama para pedagang di Pasar Gedebage harus bisa menjaga kebersihan. "Dibutuhkan kebiasaan diantara kita semua, tidak hanya di pemerintahan tapi juga masyarakat dan para pedagang di seluruh pasar tradisional di Kota Bandung," ujarnya.

    Solihin menilai, jika tidak ada perubahan perilaku dari pedagangnya maka tidak ada dampak kebesihan bagi Pasar Gedebage, walau sekeras apapun Pemkot Bandung bekerja. Sehingga harus pula dijaga secara bersama-sama, terutama masyarakat di lingkungannya masing-masing.

    Selain itu, pihaknya bersama dengan dinas terkait akan membuat sebuah program penataan kebersihan tidak hanya di Pasar Gede Bage, tapi juga semua pasar di Kota Bandung.

    "Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk terus mengatasi persoalan ini, karena yang menentukan sebagian besar dari kebersihan itu adalah kesadaran dari masyarakatnya sendiri," tandasnhya.

    Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Salman Fauzi mengungkapkan, Pemkot Bandung terus mengupayakan peningkatan kebersihan pasar. Jika pasar bersih, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pedagang.

    "Jadi saya mendapat arahan Pak Wali Kota (Pjs) untuk serius menangani kebersihan di pasar, termasuk dilakukan gerakan gotong royong bebersih pasar. Tagline-nya bersih pasarna pendapatanna nambih (bersih pasarnya pendapatannya bertambah)," ungkap Salman.

    Menurutnya, dengan adanya tagline tersebut maka dapat menjadi edukasi kepada masyarakat lebih mudah dipahami. Agar timbul perilaku bijak dalam mengolah dan membuang sampah.

    Dia mengakui potensi sampah cukup besar dari pasar-pasar di Kota Bandung. Untuk penyelesaiannya dibutuhkan kerja sama dari setiap SKPD dan pihak terkait.

    "Secara keseluruhan akar permasalahannya harus diperoleh dengan duduk bersama, Pak Wali Kota juga mengarahkan segera didiskusikan dan duduk bersama untuk langkah-langkahnya. Sehingga bisa dapat dituntaskan dan diselesiakan secepatnya," tuturnya.

    Salman menargetkan dalam 1 tahun persoalan sampah yang menjadi langganan di pasar-pasar dapat selesai. Dimulai dari mengidentifikasi masalah dan menentukan langkah solusi berikutnya.

    "Kita identifikasi masalah kenapa masyarakat pedagang berperilaku seperti itu, lalu ada kendala seperti apa. Mudah-mudahan bisa diselesaikan dengan cepat," katanya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PR Summit Bandung Kampanyekan #ViralKabarBaik
    Pemkot Kaji Pemberlakukan Sistem Ganjil-Genap
    Kejahatan Marak, Pemkot Bakal Tambah Jumlah CCTV
    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes
    Kota Bandung Raih 2 Penghargaan KDI 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota