web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Penerima Bansos PKH Naik Jadi 37 Ribu KK
    net Mensos saat penyerahan PKH dan BPNT

    Penerima Bansos PKH Naik Jadi 37 Ribu KK

    JuaraNews, Bandung - Penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Bandung mengalami penambahan pada 2018 ini.

    Pada tahun ini, penerima bantuan PKH menjadi 37.687 keluarga penerima manfaat meningkat dibanding tahun lalu sebanyak 21.957 KK. Sedangkan untuk penerika Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih tetap yakni 63.262 KK.

    Namun Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono menolak jika dikatakan naiknya jumlah penerima PKH ini karena bertambahnya jumlah warga miskin di Kota Bandung.

    "Jangan anggap bahwa di Bandung kemiskinan naik, PKH itu naik karena nominal bantuannya naik, jadi dimanfaatkan oleh masyarakat yang memang sesuai persyaratan," ucap Tono di sela-sela penyaluran bantuan sosial PKH dan BPNT yang dilakukan secara simbolis oleh Menteri Sosial Idrus Marham di Gedung Yayasan Wyataguna, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (1/3/2018).

    Tono menjelaskan, tidak semua keluarga berhak mendapatkan bantuan, tapi ada syaratnya yang merujuk pada Permensos No 10/2017. Yaitu seperti ibu punya anak, ibu sedang menyusui, anaknya masih bersekolah, punya tanggungan keluarga yang sudah lanjut usia di atas 60 tahun.

    "Jadi tidak sembarang. Ada pendamping PKH yang sudah terdaftar di Dinsos Kota Bandung. Mereka akan menyeleksi kalau persyaratannya sudah cocok, ya bisa masuk," ungkapnya.

    Di Kota Bandung sendiri, sambung Tono, program ini sudah berjalan selama 2 tahun. Dia berharap bantuan ini bisa mempercepat masyarakat keluar dari kemiskinan.

    "Jadi untuk kebutuhan sehari-hari bisa meningkatkan minimal dia dengan punya energi, penghasilan tetap, terus punya gizi baik jadi minimal bisa berpikir dan mudah-mudahan mereka berubah jadi pemberi manfaat," ungkapnya.

    Sementara itu, Mensos Idrus Marham mengatakan, total anggaran untuk PKH dan BPNT di Kota Bandung mencapai Rp154 miliar. Mereka yang berhak menerima itu merupakan yang sudah masuk kategori penerima bantuan.

    Untuk pembagian PKH, kata Idrus, dilakukan dalam 4 tahap. Tiga bulan pertama Rp500 ribu, 3 bulan kedua Rp500 ribu, 3 bulan ketiga Rp500 ribu, dan 3 bulan terakhir Rp390 ribu. Dengan demikian, total bantuan untuk PKH sebesar Rp1.890.000.

    "Sementara untuk BPNT, itu jumlah uangnya Rp110.000. Mereka bebas membelanjakan berbagai kebutuhan pokok. BPNT tiap bulan sesuai keinginan dan kebutuhan mereka," ungkap Idrus.

    Pada kesempatan tersebut, Idrus meminta pemerintah daerah, Bulog, dan BNI betul-betul bisa mengawal dan memastikan bantuan kepada rakyat tepat waktu. Tidak ada yang dikurangi sedikitpun, sehingga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Disdukcapil Kota Bandung Gelar Operasi Yustisi
    98,16% ASN Kota Bandung Bekerja Usai Cuti Lebaran
    Soal Deposito Pemkot, Wali Kota Dilaporkan ke KPK
    Total Zakat Fitrah di Kota Bandung Capai Rp37,8 M
    Dinsosnangkis Diingatkan Antisipasi PMKS 'Impor'
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018