web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Pemkab Bangun Irigasi di Wilayah Selatan Cianjur
    net

    Pemkab Bangun Irigasi di Wilayah Selatan Cianjur

    JuaraNews, Cianjur – Pemkab Cianjur akan membangun irigasi teknik Parungbangkong di Desa Sukakarya, Kecamatan Kadupandak. Hal ini sebagai upaya untuk mengairi ratusan hektare lahan pertanian di wilayah selatan.

    Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Cianjur, Wiguno Prihantono mengatakan, pembangunan irigasi tersebut akan menghabiskan biaya Rp8 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

    "Sudah masuk proses lelang, harapan kami segera didapat pemenang dan irigasi tersebut segera dibangun tepat waktu. Irigasi tersebut dapat mengairi sawah di dua kecamatan di selatan," terangnya.

    Dia menjelaskan, bendungan irigasi Parungbangkong terletak di aliran Sungai Cibalapulang itu, dapat dimanfaatkan untuk mengairi 300 hektare lahan sawah di Kecamatan Kadupandak dan Kecamatan Sukanagara.

    Bendungan tersebut memiliki bentangan sekitar 30 meter dengan kedalaman lebih kurang 9 meter sesuai dengan capaian batuan keras di dasar sungai. Dibangunnya bendungan tersebut, untuk meningkatkan kualitas bendung yang belum permanen.

    "Jaringan irigasinya ada tapi bendungannya belum permanen, ketika ada bantuan dari DAK, pemerintah memfokuskan peningkatan kapasitas bendungan. Melihat potensinya bisa mengairi sekitar 700 hektar lahan sawah," kata dia. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    UF Kembali Dapat Dukungan Dapil 3 Jabar
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google