web stats service from statcounter

Gedung Sate

  • Humas Jabar Luncurkan Program Japri
    Humas Jabar Luncurkan Program Japri

    HUMAS Jabar meluncurkan program dialog publik bertajuk Jabar Punya Informasi (Japri) di Area Taman Barat Gedung Sate, Kamis (27/09/2018).

    Hot News

    Inspirasi

      Elektabilitas Rindu Tertinggi, Demiz Terpopuler
      juaranews/abdul basir 4 paslon saat pengundian nomor urut Pilgub Jabar

      pilgub jabar 2018

      Elektabilitas Rindu Tertinggi, Demiz Terpopuler

      • Senin, 26 Februari 2018 | 07:40:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) masih menempati posisi teratas dalam sejumlah survei, untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

      Hasil survei Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) yang dilakukan pada 13 hingga 20 Februari tersebut menempatkan, pasangan Rindu ini dengan elektabilitas tertinggi, yakni mencapai 47,99 persen. Sedangkan di posisi kedua masih ditempat paslon nomor urut 4, Deddy MIzwar-Dedi Mulyadi, dengan elektabilitas 27,42 persen.

      Sementara 2 paslon lainnya, yakni TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) diprediksi hanya menjadi penggembira, dengan elektabilitas 1,61 persen dan 1,55 persen.

      "Kedua pasangan calon (Hasanah dan Asyik,red) itu hanya meraih elektabilitas di bawah dua persen, lebih kecil dari batas margin error survei," ujar Direktur Riset LSPP Sendy Vicky Sutikno dalam keterangan persnya, Minggu (25/2/2018).

      "Yang lainnya, masih ada 21,43 persen yang menjawab tidak tahu, belum memutuskan dan tidak menjawab," tambahnya.

      Dari survei-surveri sebelumnya, pasangan Asyik dan Hasanah memang mendapat persentase elektabilits rencah bahkan di bawah 5 persen. Pasangan nomor urut 2 dan 3 itu kalah populer dibanding pasangan Rindu dan 2DM.Kecilnya elektabilitas beberapa paslon karena popularitasnya masih sangat rendah.

      Untuk popularitas, kata Sendy, nama Demiz yang juga Wakil Gubernur Jabar ini paling tinggi persentasenya, yaitu 97,66 persen. Disusul Emil di posisi kedua dengan 91,23 persen, dan posisi ketiga ditempati Cawagub Dedi Mulyadi dengan 59,44 persen, serta keempat cawagub Uu Ruzhanul Ulum meraih 48,91 persen suara.

      Sementara empat calon lainnya, yakni cawagub Ahmad Syaikhu sebesar 17,96 persen, cawagub Anton Charliyan 16,14 persen, Cagub Tb Hasanuddin 9,77 persen, dan cagub Sudrajat dengan 8,41 persen,

      "Bagaimana bisa dipilih jika dikenal saja tidak. Di sisa waktu yang ada, agak berat bagi pasangan Hasanah dan Asyik untuk meningkatkan elektabilitas jika popularitasnya terus rendah," papar Sendy.

      Melihat hasil survei tersebut dan sisa waktu selam 4 bulan sebelum pemungutan suara pada 27 Juni mendatang, Sendy memprediksi Pilgub Jabar 2018 akan menjadi ajang pertarungan pasangan Rindu versus 2DM. Dan potensi untuk memenangkan Pilgub, lebih besar dimiliki pasangan Rindu.

      “Kami memprediksi pasangan Rindu akan terus mendominasi dan ujungnya nanti akan menang. Ini karena selisih yang jauh dan tim mereka berhasil menepis isu-isu negatif yang menerpa,” pungkas Sendy. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Ini Pemenang Pilkada Serentak 2018 di Jabar
      KPU Jabar Optismistis Tak Ada Gugatan ke MK
      Partisipasi Pemilih Meriah, KPU KBB Semringah
      Hengky Banjir Ucapan Selamat di Antaranya dari SBY
      Cabup KBB Nomor Urut Satu Elin, Tunggu Hasil KPU
      Berita Terdahulu

      Editorial

        Advertisement On Google