web stats service from statcounter

Hot News

  • Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    Persib Siap Raih 3 Poin di Bali
    • 20 Oktober 2018 | 00:30:00 WIB

    PERSIB bertekad meraih poin penuh saat menjamu Persebaya pada laga kandang Pekan 26 Liga 1 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018).

Inspirasi

    3 Bulan Sekali, Jokowi Pantau Rehabilitasi Citarum
    Istimewa Presiden Joko Widodo.

    3 Bulan Sekali, Jokowi Pantau Rehabilitasi Citarum

    • Jumat, 23 Februari 2018 | 00:36:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Presiden RI Joko Widodo melakukan penanaman pohon di areal hulu Sungai Citarum, tepatnya di lahan milik PTPN di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2018). Kegiatan ini menandai dimulainya rehabilitasi daerah aliran Sungai Citarum.

    Sebanyak 18.000 bibit pohon dari total 293.000 bibit ditanam bersama ribuan warga yang hadir dalam dalam kegiatan ini. Ditargetkan sebanyak 125 juta pohon ditanam di hulu Sungai Citarum. Jenis pohon yang ditanam berupa pohon ekologis dan ekonomis, seperti kopi, teh, pohon damar, manglid, puspa, rasamala, saninten dan pohon endemik setempat.

    Jokowi mengatakan, rehabilitasi Sungai Citarum dari hulu, tengah hingga hilir merupakan pekerjaan besar dan panjang yang membutuhkan waktu penyelesaian sekitar 7 tahun sampai sumber air Citarum ini dapat dirasakan manfaatnya oleh warga Jabar dan DKI Jakarta.

    "Sudah kita hitung bahwa pekerjaan besar ini dari hulu tengah hilir akan bisa selesai dalam 7 tahun," ujar Presiden dalam keterangan pers yang disampaikan Humas Pemprov Jabar.

    Untuk memastikan rehabilitasi berjalan lancar, Jokowi akan memantau langsung pengerjaan secara rutin setiap tiga sampai enam bulan sekali. "Akan saya lihat secara rutin mungkin bisa per tiga bulan atau per enam bulan untuk memastikan bahwa program ini betul-betul berjalan," ungkapnya.

    "Saya lihat sudah mulai disini diberikan lahan oleh PTPN 980 hektar untuk persemaian, untuk ditanami dan untuk relokasi, kemudian Perhutani juga memberikan lahannya yang kita harapkan segera bisa kita hijaukan kembali," terangnya.

    Menurut Jokowi, rehabilitasi bukan hanya dilakukan di hulu sungai, juga terintegrasi di tengah hingga hilirnya seperti penanganan polusi dan limbah industri. Rehablilitasi sendiri dilakukan gotong royong melibatkan, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

    "Semuanya akan dikerjakan secara terintegrasi oleh pemerintah pusat, semua Kementerian yang terlibat, Provinsi, kota Kabupaten dan yang paling penting wilayah Kodam III Siliwangi dan Polda Jabar, semua dikerjakan secara bergotong royong untuk rehabilitasi DAS Citarum ini," pungkasnya.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Rumah James Riady Digeledah KPK
    Wagub Jabar Pastikan Gelar RUPS BJB November
    Soal Bupati Bekasi, Uu Konsultasi dengan Mendagri
    Jabar Butuh 1.500 Penerbangan untuk Layani Umrah
    Emil Ingin Jabar Jadi Provinsi Kopi Terbaik Dunia
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google