ultah bandung

Hot News


JN-TAM

Inspirasi


    Hari Ini, 200 Barongsai Ramaikan Kirab Cap Go Meh
    net

    Hari Ini, 200 Barongsai Ramaikan Kirab Cap Go Meh

    JuaraNews, Bandung – Kirab Budaya Cap Go Meh sebagai rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek 2015 akan memeriahkan suasana akhir pekan di Kota Bandung, Sabtu (14/3/2015) siang ini.

    Sebanyak n 61 vihara dari berbagai daerah di Indonesia yang akan mengikuti kirab, seperti dari Bandung, Surabaya, Jakarta, dan Lampung. Dan akan ada sekitar 200 barongsai dan puluhan liong, serta berbagai peralatan yang dibawa untuk berkeliling ke sejumlah titik di Kota Bandung. Selain itu, ada berbagai rangkaian acara lain untuk menambah suasana semakin meriah.

    Kirab yang akan dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, akan mengambil start dari Jalan Cibadak dan melintasi Jalan Kelenteng, Kebonjati, Otto Iskandardinata, Sudirman, Astanaanyar, dan berakhir di Jalan Cibadak lagi.

    "Kirab Budaya kali ini pesertanya sangat antusias, sangat banyak sekali. Kita sampai kewalahan untuk menampungnya sehingga kita penutup pendaftaran pada awal bulan (Maret)," ujar Panitia Kirab Budaya Budi Hartono, Jumat (13/3/2015).

    Untuk rangkaian acara, sejak pagi dilakukan ritual untuk kelancaran kirab. Perhelatan agama diawali doa bersama untuk Jabar dan Indonesia diikuti oleh lintas, seperti agama Islam, Kristen, Katolik, Buddha Hindu, dan aliran kepercayaan.

    Dan mulai pukul 14.00 atau 15.00 WIB, pawai akan dilakukan ke sejumlah ruas jalan. Sekitar pukul 19.00 WIB, semua rombongan diperkirakan sudah kembali ke Vihara Dharma Ramsi yang jadi titik start dan finis pawai. Kirab sendiri rencananya dibuka Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan serta sejumlah pejabat pemerintah pusat.

    "Kirab budaya ikuti 200 Barongsai, Liong, tarian kesenian Jawa Barat, seribu tangan Budha dan dewa yang diarak menggunakan joli (tandu) ditambah mobil hias. Untuk pengamanan diterjunlan Pengamanan 1.500 pasukan Polri TNI. Perhelatan Kirab Budaya akan diiliput oleh stasiun tv lokal, nasional dan internasional TV China, Malaysia, Singapura," ujar Kepala Disbudpar Herlan JS, Jumat (13/3/2015). (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Antisipasi Bajir, Pemkot Bandung Bangunan Dua Kolam Retensi Baru
    Kelurahan Kebon Gedang Kota Bandung Bentuk Komunitas Tanggap Stunting
    Di Masa Pandemi Covid-19, Pemkot Bandung Ajak BUMN dan BUMD Salurkan CSR di Bidang Pendidikan
    Gubernur Jabar Dorong Percepatan Pembangunan Akses Penghubung Kereta Cepat Jakarta-Bandung
    Pemkot Bandung Akselerasi Proses Audit Stadion GBLA
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads