web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    14 Parpol Resmi jadi Peserta Pemilu 2019
    net Komisioner KPU umumkan hasil verifikasi faktual

    14 Parpol Resmi jadi Peserta Pemilu 2019

    • Minggu, 18 Februari 2018 | 01:09:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan 14 partai politik (Parpol) lolos verifikasi faktual dan sah menjadi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2019.

    Sebelum ada 16 parpol yang mendaftar ke KPU, namun hanya 14 yang dinyatakan lolos mengikuti tahapan pemilu selanjutnya. Dua parpol lainnya gagal karena tidak memenuhi syarat.

    Dari 14 parpol yang lolos tersebut, 10 merupakan partai lama, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

    Sementara 4 parpol lainnya merupakan partai baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Sedangkan 2 partai yang gagal melaju ke tahapan Pemilu 2019, yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

    "Keputusan Komisi Pemilihan Umum tentang penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, menetapkan 14 parpol yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilihan umum anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota tahun 2019," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari dalam acara Rekapitulasi Nasional Hasil verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 2019 di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2018).

    Aspek yang dinilai dalam administrasi dan verifikasi faktual mencakup keberadaan pengurus inti parpol di tingkat pusat, keterwakilan perempuan minimal 30 persen dan domisili kantor tetap di tingkat DPP.

    Kemudian, di tingkat provinsi, ada tambahan syarat, yakni memenuhi keanggotaan di 75 persen kabupaten/kota di 34 provinsi. Syarat terakhir, yakni status sebaran pengurus sekurang-kurangnya 50 persen kecamatan pada 75 persen kabupaten/klota di 34 provinsi.

    KPU sendiri menyebut PBB dan PKPI tidak memenuhi syarat sebagai parpol peserta Pemilu karena kedua partai itu tidak memenuhi syarat keanggotaan. PBB dianggap tidak memenuhi syarat karena sebaran anggotanya di Papua Barat kurang dari 75 persen.

    "Kesimpulan status PBB secara nasional dinyatakan tidak memenuhi syarat disebabkan Provinsi Papua Barat di Kabupaten Manokwari Selatan tidak memenuhi syarat," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

    PKPI pun dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam kepengurusan dan keanggotaan di sekurang-kurangnya di 75 persen di kabupaten/kota. Selain itu, PKPI juga tidak memenuhi syarat sebaran kepengurusan PKPI sekurang-kurangnya 50 persen dari jumlah kecamatan pada 75 persen jumlah kabupaten/kota di 34 provinsi.

    Seusai pengumuman ini, KPU akan melakukan pengundian nomor urut partai pada Minggu (18/2/2018). Sedangkan untuk parpol yang tak lolos verifikasi, KPU memberikan waktu selama 3 hari untuk mengajukan keberatan ke Badan Pengawas Pemilu.

    Berdasarkan hasil ini, PBB dan PKPI pun sepakat untuk menggugat KPU ke Bawaslu. "Segera kita akan lakukan gugatan ke Bawaslu, mungkin hari ini, segera kita masukan," ungkap Sekjen PBB Afriansyah Noor.

    Berikut parpol yang lolos jadi peserta Pemilu 2019:
    Parpol Lama
    1. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
    2. Partai Persatuan Pembangunan (PPP),
    3. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
    4. Partai Amanat Nasional (PAN)
    5. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
    6. Partai Demokrat
    7. Partai Golongan Karya (Golkar)
    8. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
    9. PDI Perjuangan (PDIP)
    10. Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
    Parpol Baru
    11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
    12. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
    13. Partai Berkarya
    14. Partai Garuda.

    Parpol yang lolos verifikasi faktual
    Partai Bulan Bintang (PBB)
    Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Perekrutan Calon KPU Jabar Harus Diulang
    Emil Akan Panggil PT Agronesia
    PT Agronesia Diduga Tilep Dana BPJS Rp3,6 Miliar
    Atasi Masalah, Emil Launching Jabar Quick Response
    Emil Harus Segera Rombak Birokrasi Pemprov Jabar
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google