web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Hujan Terus, Harga Bawang di Kota Sukabumi Naik
    net

    Hujan Terus, Harga Bawang di Kota Sukabumi Naik

    • Kamis, 15 Februari 2018 | 21:44:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Sukabumi – Intensitas curah hujan yang sangat tinggi membuat harga bawang di Kota Sukabumi mengalamai kenaikan.

    "Kenaikan harga bawang dikarenakan faktor cuaca di mana sejak Januari hingga Februari 2018 hujan deras tidak kunjung berhenti," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna.

    Menurutnya, harga bawang merah saat ini dijual secara eceran di pasar tradisional rata-rata Rp 24.000 setiap kilogramnya atau naik Rp 4.000/kg yang pada pekan lalu hanya Rp 20.000/kg.

    Kemudian bawang putih naik Rp 8 ribu/kg yang pekan lalu dijual dengan harga Rp 20.000 saat ini menjadi Rp 29.000/kg. Kenaikan harga bawang merah dan putih ini karena pasokan dari daerah penghasil seperti Jawa Tengah menurun.

    Selain itu karena curah hujan yang tinggi sehingga daerah penghasil bawang tidak maksimal panennya ditambah lagi beban biaya transportasi yang meningkat.

    Kondisi itu menyebabkan distribusi bawang menjadi terganggu imbasnya kepada harganya di pasar tradisional. Namun demikian untuk persediaan masih mencukupi dan tidak ada kekurangan.

    "Kenaikan harga komoditas bawang tersebut masih dalam batas yang wajar serta tidak ada gejolak di masyarakat, hanya saja tingkat pembelian konsumen berkurang," imbuhnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Diduga Terima Suap, Bupati Cianjur Ditangkap KPK
    Ahmad Irfan Dicopot dari Jabatan Dirut BJB
    MQK Cara Jabar Tumbuhkan Minat Baca Kitab Kuning
    Akademi Citarum Tanam Dua Jenis Bambu Endemik
    Ridwan Kamil Launching Desa Digital

    Editorial

      Advertisement On Google