web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Program Sertifikat Tanah di KBB Naik 50.000 Bidang
    net

    Program Sertifikat Tanah di KBB Naik 50.000 Bidang

    • Sabtu, 10 Februari 2018 | 06:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung Barat - Program sertifikasi tanah atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bandung Barat mengalami kenaikan. Jika tahun lalu KBB hanya mendapatkan kuota 13.500 bidang tanah maka tahun ini kuota dari BPN yang diberikan mencapai 50.000 bidang tanah.

    "Tahun ini kuota yang Pemda KBB dapat ada sebanyak 50.000 bidang tanah untuk program PTSL atau yang dulu dikenal dengan Prona," kata Sekda KBB Maman S Sunjaya.

    Dia mengatakan, untuk tahun ini alokasi program PTSL lebih banyak diprirotaskan ke wilayah selatan yang mencakup lima kecamatan. Yakni Kecamatan Rongga, Gununghalu, Sindangkerta, Cipongkor, dan Kecamatan Cililin. Namun tidak menutup kemungkinan desa dan kecamatan lain pun akan mendapatkan kucuran program ini. 

    "Program ini dari BPN tapi pola usulannya penerima program bisa top-down ataupun bottom-up usulan dari desa dan kecamatan," sambungnya. 

    Menurutnya secara teknis tahapan program PTSL diawali dengan sosialisasi, kemudian desa mengusulkan ke BPN KBB dan diteruskan ke BPN Kanwil Jabar. Nantinya BPN Kanwil Jabar yang mengeluarkan penetapan lokasi, dilanjutkan pengukuran dan pemberkasan warkah tanah hingga akhirnya pensertifikatan.

    “Program PTSL tidak dipungut biaya. Hal ini merupakan program nasional dari Presiden Joko Widodo yang menargetkan secara nasional pada 2025 nanti semua tanah di Indonesia harus sudah tersertifikat. Untuk itu saya berharap target 50.000 bidang tanah ini bisa seluruhnya terealisasi,” bebernya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota