web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Persaingan di Pilgub Mengerucut pada 2DM dan Rindu

    Persaingan di Pilgub Mengerucut pada 2DM dan Rindu

    • Jumat, 9 Februari 2018 | 23:35:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Lembaga survei Indonesia Strategic Institue (Instrat) memprediksi persaingan di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 akan mengerucut pada 2 pasangan calon.

    Kedua pasangan tersebut yakni Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil-Uu Ruzllanul Ulum.

    Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan Instrat pada 27-30 Januari 2018. Sruvei dilakukan dengan metode multistage random sampling meliputi 225 kecamatan dari 27 kota/kabupaten di Jabar. Dengan jumlah responden sebanyak 1.800 orang, margin of Error sebesar +2,31%.

    Soscial Analyst Hasil Survei Instrat Adi Nugroho mengungkapkan, berdasarkan popularitas sebagai pasangan, baru 2 pasangan yang sudah dikenal publik Jabar secara luas, yaitu pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi atau di urutan pertama dengan popularitas 90,4%. Selanjutnya diikuti pasangan Rindu atau Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebesar 84,7%.

    Sementara kedua pasangan yang lain, yakni Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Tb Hasanuddin-Anton Charlian masih harus bekerja ekstra keras menaikkan popularitas karena hanya dikenal publik di kisaran belasan persen.

    Adi menyebutkan, pada survei kali ini Instrat mengumpulkan data berbasis wawancara terstruktur face-to-face ke responden dengan usia minimal responden 17 tahun atau sudah menikah. "Selanjutnya kami akan melakukan 2 kali survei lagi pada April dan jelang pemungutan suara nanti," ujar Adi saat memaparkan hasil survei Instrat di Hotel Sawunggaling, Jalan Tamansari Kota Bandung, Kamis (8/2/2018).

    Sementara itu, untuk popularitas dan potensi elektabilitas individu calon, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar memimpin dengan 93%, diikuti Ridwan Kamil yang juga Wali Kota Bandung sebesa 88%. Di peringkat 3 ada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebesar 68%. Sedangkan 5 calon lainnya, yakni Cagub Sudrajat dan Cagub Tb Hasanudin, serta 3 Cawagu, yakni Uu Ruzhanul Ulum, Ahmad Syaikhu, dan Anton Charliyan, masih tertinggal jauh tingkat popularitas dan elektabilitasnya.

    Menurut Adi, terdapat kecenderungan kenaikan popularitas pada Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dalam rentang 2 bulan terakhir. Dan dibandingkan Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi punya kesempatan lebih lebar untuk menaikkan popularitasnya sehingga mendongkrak elektabilitasnya sebagai pasangan dari Deddy Mizwar.

    Adi sendiri memprediksi Pilgub Jabar 2018 cenderung akan berlangsung lebih santun. Hal tersebut dengan mempertimbangkan karakter pasangan calon yang manggung pada pilkada serentak nanti. Sebab beberapa hal terkait isu-isu sensitif bagi masyarakat, seperti isu SARA tidak cukup menonjol.

    "Isu sensitif kaitan dengan kelanjutan Pilkada Jakarta, primordialisme masalah Islam dan non-Islam. Mungkin kalau melihat kandidat sekarang tidak akan terjadi. Dan juga spektrumnya beda. Pendukung pandangan itu hanya segelintir," ujar Adi.

    Hal tersebut diperkuat dengan hasil survei, misalnya terkait isu religiusitas, pendukung aksi 411 dan 212 dalam relasi dengan pilihan politik terhadap pasangan cagub-cawagub. Publik yang mempersepsi secara subjektif religiusitas mereka sebagai sosok yang sangat religius dan religius jumlahnya 26,78%, yang setara dengan publik yang sangat mendukung dan mendukung aksi 411 dan 211 sebesar 27,96%.

    "Terlihat dari data bahwa tidak terjadi dikotomi ideologis yang signifikan dari publik terhadap pilihan pasangan cagub-cawagub, justru terjadi sebaran yang berpusat pada pilihan kepada pasangan Deddy-Dedi 6,7% dan RK-Uu 6%," ucap dia. Sementara itu, terhadap Sudrajat-Syaikhu hanya 1,4%, sisanya golput atau belum menentukan pilihan.

    Adi menambahkan, saat ini 4 pasangan calon harus mulai peduli dengan adanya angka 45,2% pemilih yang belum menentukan pilihan, meski ada 30% yang sudah pasti akan memilih salah satu pasangan. Jika melihat jumlah golput pada Pilgub Jabar periode sebelumnya yang mencapai 37%, maka ada 8% suara yang diperebutkan 4 pasangan saat ini. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    UF Kembali Dapat Dukungan Dapil 3 Jabar
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Mari Kita Berkurban
      Mari Kita Berkurban

      SEKITAR 2,1 miliar umat muslim di seluruh dunia serentak memeringati Hari Raya Idul Adha yang pada 2019 ini jatuh pada hari Rabu (22/8/2018).

      Advertisement On Google