web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    PPP & PKPI tak Lolos Verifikasi Faktual di Bandung

    PPP & PKPI tak Lolos Verifikasi Faktual di Bandung

    • Jumat, 9 Februari 2018 | 05:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).tidak memenuhi persyaratan dalam verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Bandung untuk mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

    Kedua partai tidak lolos karena persoalan yang berbeda. PPP tidak menyerahkan persyaratan jumlah anggota. Sedangkan PKPI karena syarat jumlah anggota yang kurang dari peraturan, yakni masih di bawah 1.000 anggota ketika verfikasi faktual.

    Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok menyebutkan, ada 16 partai politik yang mengikuti tahapan verifikasi faktual, yang terdiri atas 12 parpol lama dan 4 parpol baru. Empat partai baru, yakni PSI, Berkarya, Garuda dan Perindo.

    Dia mengungkapkan, syarat yang harus dipenuhi bagi keanggotaan, yakni KTP dan KTA ketika verifikasi faktual. Adapun proses verifikasi faktual yang dilakukan tiga kali penelitian, mulai dari administrasi untuk melihat kegandaan dan memastikan KTP dan KTA. Kemudian penelitian administrasi kegandaan ekternal antar partai, dan penelitian secara faktual.

    "Hasil rekapitulasi ada 2 partai yang tidak lolos syarat, yaitu PPP dan PKPI," ungkap Rifqi di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (8/2/2018).

    Namun, menurut Rifqi, hasil tersebut belum jadi patokan lolos atau tidaknya partai tersebut, karena jumlah tersebut akan dihitung secara komulatif secara nasional baik dari provinsi, kota/kabupaten.

    "Kewenangan KPU Kota Bandung hanya melakukan kegiatan verifikasi faktual, tapi keputusannya berdasarkan KPU pusat. Nanti dilihat mana yang memenuhi syarat 70 persen di seluruh Indonesia, kalau sudah maka dipastikan lolos," paparnya

    KPU Kota Bandung sendiri saat ini tengah menunggu keputusan KPU pusat terkait langkah selanjutnya dalam tahapan pileg. Dimana diperkirakan hasil tersebut baru bisa diperoleh pada Maret mendatang.

    "Kalau sudah ditetapkan maka selanjutnya persiapan pencalegan baru pada langkah Daftar Calon Tetap (DCT). Untuk kampanye pada tahun ini juga, sekitar Juni atau Juli nanti," pungkasnya.

    PKPI pun tidak lolos verifikasi faktual di Kabupaten Subang. Selain PKPI, Partai Bulan Bintang (PBB) juga tak memenuhi persyarakat verifikasi.

    Ketua KPU Kabupaten Subang Maman Suparman mengatakan, pihaknya akan melaporkan hasil verifikasi kepada KPU Jabar. Selanjutnya KPU Jabar melaporkan kepada KPU pusat. “Nanti KPU RI akan menetapkan pada 17 Pebruari 2018 sehingga kita akan tahu partai mana saja yang akan bisa mengikuti Pemilu pada Pemilihan Presiden tahun 2019,” kata Maman dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Subang di Hotel Lotus Subang, Kamis (8/2/2018). (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Di Sumedang, Demiz Mendadak Dangdut
    Dukungan Terus Mengalir, Demiz Kian Optimistis
    Bagi Aher, 'Kado' dari Presiden Terasa Istimewa
    Jokowi Resmikan KJA Offshore Pertama di Indonesia
    Mobil Pembawa Miras Menuju Bandung Dicegat
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.

      Advertisement On Google