blog counter

Hot News


Opini


    Korban ke-5 Ditemukan, Evakuasi Longsor Dihentikan



    Korban ke-5 Ditemukan, Evakuasi Longsor Dihentikan
    Tim SAR mengevakuasi korban lonsor di Cijeruk antara

    JuaraNews, Bogor - Proses evakuasi korban longsor di Kampung Maseng RT 02/08 Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, resmi dihentikan Rabu (7/2/2018), setelah tim SAR gabungan menemukan korban terakhir.

    Sejak terjadinya longsor pada Senin (5/2/2018) lalu, tim dari Basarnas dibantu aparat gabungan, tengah menemukan 5 jenazah warga yang terimbun longsoran tanah. Korban terakhir yang berhasil dievakuasi, yakni Aditya (10) pada Rabu (7/2/2018) pagi.

    Adit adalah putra dari Asep Tajudin. Asep kehilangan seluruh keluarganya saat longsor menerjang. Selain Adit, istri Asep, Nani (34) dan 3 anaknya yang lain,yakni Aurel (1,5), Alan (17), dan Aldi (8) juga jadi korban tewas. Jenazah 4 korban tersebut sudah lebih dulu ditemukan pada Selasa (6/2/2018).

    Nani dan tiga anaknya itu sudah dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di Sukabumi. Jenazah Adit sendiri langsung dibawa ke RS Ciawi untuk dilakukan autopsi sebelum diserahkan ke pihak keluarga.

    Longsor yang menimpa 3 rumah di kawasan itu juga membuat rute transportasi kereta Sukabumi-Bogor terputus. Pasalnya, tebing yang longsor merupakan tanah yang menjadi landasan rel kereta. Akibatnya rel kereta jalur Sukabumi-Bogor di KM 13.800 sepanjang 400 meter itu tergantung. Setelah evakuasi korban selesai, PT KAI dan Dishub Jabar akan langsung melakukan perbaikan bantalan rel yang diperkirakan selesai dalam 3 hari ke depan.

    "Evakuasi selesai semua, tinggal bagaimana BPBD melakukan relokasi dan kegiatan lainnya yang dibutuhkan warga sekitar," kata Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Fransisco di lokasi kejadian di Desa Warung Menteng, Rabu (7/2/2018)

    Fransisco menjelaskan, tim evakuasi baru bisa menemukan semua jenazah korban setelah mengangkat reruntuhan tebing rel kereta api. Sebanyak 250 anggota tim gabungan penangangan bencana longsor Cijeruk kini sebagian beralih untuk membantu evakuasi korban longsor lannya di Taman Riung Gunung, Jalur Puncak.

    "Jadi Alhamdulillah sekarang tinggal pengangan pascaevakuasi korban, kami kembali bantu evakuasi di Puncak," kata Fransisco.

    Gong Xi Fa Chai

    Petugas selesai membersihkan longsoran tanah di Jalur Puncak.

    Sementara itu di Riung Gunung, 3 warga diduga masih tertimbun longsor. Ketiga warga tersebut, pengguna sepeda motor yang tertimbun longsor saat melintasi di jalan. Ketiga korban diduga terbawa longsor hingga ke bagian bawah tebing jalan.

    Longsoran tanah yang menimbun jalan kini sudah dibersihkan, namun ketiga korban belum ditemukan. Pencarian korban sendiri sempat dihentikan beberapa kali karen deras hujan yang mengguyur kawasan tersebut. Selain di Cijeruk dan Riung Gunung, longsor juga terjadi di kawasan Cisarua. Dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan, Jalur Puncak untuk sementara ditutup hingga 15 Februari mendatang. Jalur yang ditutup mulai dari kawasan Gunung Mas hingga Ciloto, untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Siapkan Juru Ledak Pertambangan, PPSDM Geominerba dan PT AMNT Jalin Kerjasama
    Tiga Diklat ASN Perdana Dibuka Awal Tahun 2023
    Wagub Uu: Pentingnya Wawasan Poitik Bagi Pelajar
    AHY Ajak Nasdem dan PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies Baswedan
    Bangun Rumah Jabatan Menteri di IKN Rp14 Miliar per Unit, Ini Penjelasan PUPR
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads