web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Piala Indonesia Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

    Piala Indonesia Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

    • Selasa, 6 Februari 2018 | 06:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Setelah vakum selama 6 tahun, PSSI berencana kembali menggelar turnamen Piala Indonesia pada 2018 ini.

    Dalam surat resminya dengan No 444/AGB/84/I-2018 tentang Penyelenggaraan Piala Indonesia Tahun 2018, tertanggal 31 Januari 2018 yang ditandatangani Sekjen PSSI Ratu Tisha, Piala Indonesia bakal digelar mulai April hingga November mendatang.

    Piala Indonesia akan diselenggarakan dengan menggunakan sistem gugur. Sebelumnya, kompetisi ini digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak 4 Besar.

    "Bersama ini disampaikan bahwa sebagai bagian dari upaya PSSI meningkatkan kualitas Sepakbola Nasional, PSSI akan kembali menyelenggarakan Piala Indonesia setiap tahunnya," begitu bunyi surat PSSI yang diterima manajemen Persib, seperti dikutip laman resmi klub.

    Turnamen Piala Indonesia 2018 disebut-sebut bakal mirip dengan format turnamen sepakbola tertua di dunia, yakni Piala FA di Inggris Raya. Nantinya, turnamen akan diikuti 128 peserta yang melibatkan seluruh klub profesional dan klub amatir anggota PSSI.

    Selain itu, tim yang keluar sebagai juara Piala Indonesia ini berhak mewakili Indonesia untuk berlaga di ajang AFC Cup musim mendatang.

    Piala Indonesia digelar pertama kali pada 2005 dengan nama Copa Indonesia. Arema Malang tampil sebagai juara pada edisi perdana tersebut. Sementara juara terakhir pada 2012 lalu dipegang Persibo Bojonegoro.

    Di ajang Piala Indonesia ini, Sriwijaya FC tercatat sebagai pemegang gelar terbanyak dengan 3 kali juara beruntun pada musim 2007, 2008, dan 2009-2010. Sementara Arema Malang juara di 2 episode awal, 2005 dan 2006.

    Terkait penjadwalan, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menegaskan, Piala Indonesia tidak akan mengganggu jadwal di kompetisi Liga. Setiap klub hanya akan memainkan 1 atau 2 pertandingan setiap bulannya. Untuk klub yang melaju hingga ke partai final, maksimal hanya akan melakukan 10 sampai 11 pertandingan.

    Nantinya Piala Indonesia akan diikuti 128 tim dari 3 kasta kompetisi, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Pada babak pertama, menggunakan sistem pertandingan tunggal, dan klub dari Liga 1 akan langsung bye ke babak kedua yang diikuti 64 tim. 

    Kemudian, dari 64 tim akan dikerucutkan kembali menjadi 32 tim dengan sistem pertandingan tunggal. Nah, di babak 32 besar ini, sistemnya akan mengikuti seperti yang diterapkan di Piala FA Inggris. Jika hasilnya ada yang menang di laga pertama, maka tim yang menang akan langsung lolos ke babak 16 besar. Tapi kalau hasilnya imbang, kedua tim akan melakoni laga kedua untuk mencari pemenangnya di kandang tim yang sebelumnya berstatus sebagai tim tamu.

    Selanjutnya, untuk babak 16 besar, perempat-final, dan semi-final akan menerapkan sistem kandang-tandang. Sedangkan untuk partai final akan diterapkan kembali sistem pertandingan tunggal.

    "Jadi seperti itu skemanya dan tidak akan menakutkan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang karena begitu banyak tim yang berpartisipasi. Dan ini akan tetap berjalan, meski nanti berbenturan dengan jadwal Piala AFF 2018 di akhir tahun," kata Joko. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Kick-off Liga 1 Terancam Kembali Molor
    Ketum PSSI Nyalon di Pilkada, Ini Penggantinya
    Jakmania Turun ke Jalan Rayakan Sukses Persija
    Simic, Pemain Terbaik & Top Skorer Piala Presiden
    Bekuk Bali 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 27 72
      2. Manchester United 27 56
      3. Liverpool 27 54
      4. Chelsea 27 53
      Tampilkan Detail

      sponsored links


      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bhayangkara FC 34 69
      2 Bali United 34 68
      3 PSM Makassar 34 65