web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Piala Indonesia Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

    Piala Indonesia Bakal Kembali Digelar Tahun Ini

    • Selasa, 6 Februari 2018 | 06:11:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Setelah vakum selama 6 tahun, PSSI berencana kembali menggelar turnamen Piala Indonesia pada 2018 ini.

    Dalam surat resminya dengan No 444/AGB/84/I-2018 tentang Penyelenggaraan Piala Indonesia Tahun 2018, tertanggal 31 Januari 2018 yang ditandatangani Sekjen PSSI Ratu Tisha, Piala Indonesia bakal digelar mulai April hingga November mendatang.

    Piala Indonesia akan diselenggarakan dengan menggunakan sistem gugur. Sebelumnya, kompetisi ini digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak 4 Besar.

    "Bersama ini disampaikan bahwa sebagai bagian dari upaya PSSI meningkatkan kualitas Sepakbola Nasional, PSSI akan kembali menyelenggarakan Piala Indonesia setiap tahunnya," begitu bunyi surat PSSI yang diterima manajemen Persib, seperti dikutip laman resmi klub.

    Turnamen Piala Indonesia 2018 disebut-sebut bakal mirip dengan format turnamen sepakbola tertua di dunia, yakni Piala FA di Inggris Raya. Nantinya, turnamen akan diikuti 128 peserta yang melibatkan seluruh klub profesional dan klub amatir anggota PSSI.

    Selain itu, tim yang keluar sebagai juara Piala Indonesia ini berhak mewakili Indonesia untuk berlaga di ajang AFC Cup musim mendatang.

    Piala Indonesia digelar pertama kali pada 2005 dengan nama Copa Indonesia. Arema Malang tampil sebagai juara pada edisi perdana tersebut. Sementara juara terakhir pada 2012 lalu dipegang Persibo Bojonegoro.

    Di ajang Piala Indonesia ini, Sriwijaya FC tercatat sebagai pemegang gelar terbanyak dengan 3 kali juara beruntun pada musim 2007, 2008, dan 2009-2010. Sementara Arema Malang juara di 2 episode awal, 2005 dan 2006.

    Terkait penjadwalan, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menegaskan, Piala Indonesia tidak akan mengganggu jadwal di kompetisi Liga. Setiap klub hanya akan memainkan 1 atau 2 pertandingan setiap bulannya. Untuk klub yang melaju hingga ke partai final, maksimal hanya akan melakukan 10 sampai 11 pertandingan.

    Nantinya Piala Indonesia akan diikuti 128 tim dari 3 kasta kompetisi, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Pada babak pertama, menggunakan sistem pertandingan tunggal, dan klub dari Liga 1 akan langsung bye ke babak kedua yang diikuti 64 tim. 

    Kemudian, dari 64 tim akan dikerucutkan kembali menjadi 32 tim dengan sistem pertandingan tunggal. Nah, di babak 32 besar ini, sistemnya akan mengikuti seperti yang diterapkan di Piala FA Inggris. Jika hasilnya ada yang menang di laga pertama, maka tim yang menang akan langsung lolos ke babak 16 besar. Tapi kalau hasilnya imbang, kedua tim akan melakoni laga kedua untuk mencari pemenangnya di kandang tim yang sebelumnya berstatus sebagai tim tamu.

    Selanjutnya, untuk babak 16 besar, perempat-final, dan semi-final akan menerapkan sistem kandang-tandang. Sedangkan untuk partai final akan diterapkan kembali sistem pertandingan tunggal.

    "Jadi seperti itu skemanya dan tidak akan menakutkan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang karena begitu banyak tim yang berpartisipasi. Dan ini akan tetap berjalan, meski nanti berbenturan dengan jadwal Piala AFF 2018 di akhir tahun," kata Joko. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Pelatih Persela tak Menyangka Bisa Menang di Kandang Persib
    Teco Akui Bali United Beruntung Bisa Kalahkan Persib
    Djanur Bersyukur Barito Putera Tahan Imbang Persib di Bandung
    Milo Sebut Gara-gara Ini Arema FC Dikandaskan Persib
    Banyak Pemain Pilar Absen, Laga Persib vs Arema Diprediksi Tetap Sengit

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 29 60
      2 Borneo FC 29 45
      3 Madura United 29 44

      Jadwal Liga


        Klasemen Liga Dunia

        Tim M Point
        1. Liverpool 12 34
        2. Leicester City 12 26
        3. Chelsea 12 26
        4. Manchester City 12 25
        Tampilkan Detail