web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Jaksa Tuntut Eks Ketua DPRD 18 Bulan Penjara
    ilustrasi

    Jaksa Tuntut Eks Ketua DPRD 18 Bulan Penjara

    JuaraNews, Bandung - Jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bale Bandung menuntut terdakwa Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bandung Toto Suharto dengan hukuman 18 bulan penjara dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata Kota Bandung, Rabu (11/3/2015).

    Dalam sidang yang digela hingga malam hari tersebut, JPU Hardiansyah SH menilai, Toto terbukti bersalah menyalahgunakan dana proyek pembangunan taman, lapangan upacara, dan fasilitas parkir di 31 SD di Kabupaten Bandung senilai Rp649,6 juta.

    "Memohon kepada majelis hakim yang menyidangkan perkara ini untuk menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun enam bulan dan denda Rp50 juta subsider satu bulan kurungan," kata Hardiansyah.

    Toto didakwa melanggar Pasal 3 UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Hal yang memberatkan terdakwa, yakni sebagai penyelenggara negara tidak mendukung pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Sedangkan yang meringankan, terdakwa telah mengembalikan kerugian negara Rp649,6 juta, belum pernah dihukum, dan menyesali perbuatannya.

    Dalam dakwaannya, JPU memaparkan, kasus ini berawal saat Toto masih menjabat sebagai Ketua DPRD. Dia diduga telah membantu pencairan APBD 2013 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk proyek fasilitas pemagaran, parkir, dan lapangan upacara di 31 SD. Namun pekerjaan itu tidak sesuai dengan kontrak, tapi dilaporkan telah selesai 100%. Akibat perbuatan terdakwa, , negara dirugikan hingga Rp649,6 juta.

    Menanggapi tuntutan itu, kuasa hukum Toto berencana mengajukan pembelaan yang akan disampaikan pada sidang berikutnya pada Rabu (18/3/2015) pekan depan. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sambangi Warga Tamansari, Oded: Kita Fasilitasi Semua
    Pagelaran Ketahanan Budaya: Lestarikan Budaya Lokal di Era Digital
    DLHK Menilai Setahun Gerkan KangPisman Telah Menorehkan Pencapaian yang Positif
     Peringatan Hari Ibu, Pemkot Bandung Edukasi Cerdas Jejaring Sosial
    Tahun 2020, Kota Bandung Target Bebas Dari BAB Sembarangan

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.

      Info Kota