web stats service from statcounter

Hot News

Gedung Sate

    Inspirasi

    • Fokus Seorang Pemimpin
      Fokus Seorang Pemimpin

      MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

      Semua Partai di KBB Lolos Verifikasi Faktual
      net

      Semua Partai di KBB Lolos Verifikasi Faktual

      • Sabtu, 3 Februari 2018 | 11:07:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat memastikan semua parpol di KBB lolos proses verifikasi faktual. Verifikasi ini dilakukan baik untuk partai lama maupun baru yang sudah pernah diverifikasi pada Pemilu 2014.

      “Hasil dari verifikasi faktual yang kami lakukan semua partai politik di KBB lolos, termasuk Partai Hanura yang di saat akhir-akhir terjadi pergantian kepengurusan,” terang Ketua KPU Bandung Barat Iing Nurdin.

      Dia mengatakan, verifikasi faktual 12 parpol tersebut untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019 sesuai subtansi putusan uji materi. Jadi, semua partai harus melewati proses ini. Adapun 12 parpol lama tersebut adalah Partai Golkar, PDI-P, Demokrat, Partai Gerindra, PKS, PAN, PPP, Hanura, Nasdem, PKB, PKPI, dan PBB.

      Iing menjelaskan, verifikasi faktual dilakukan terhadap keanggotaan sesuai data yang tercantum dalam Sistem Informasi Parpol (Sipol). Parpol harus menghadirkan sampel keanggotaan sesuai Peraturan KPU No. 6/2018 di sekretariat atau tempat lainnya. Mekanisme sampling untuk anggota berkisar 5% dari jumlah anggota yang memenuhi syarat.

      "Mereka harus dihadirkan dan menunjukkan kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektronik," jelasnya.

      Tidak hanya itu, lanjut dia, verifikasi faktual juga dilakukan terhadap jajaran pengurus, termasuk kepengurusan yang salah satunya yakni, Ketua-Sekretaris-Bendahara. Parpol juga harus memenuhi keterwakilan 30% pengurus perempuan.

      “Status kantor sekretariat juga harus dijelaskan, apakah kepemilikan pribadi, atau sewa kontrak dan selama tahapan Pileg sekretariat kantor tidak boleh berubah,” pungkasnya. (*)

      yan

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Ridwan Kamil Apresiasi Eksistensi XTC Indonesia
      Kampanye di Kota Bekasi, Ridwan Kamil Jadi Kapster
      Pasangan Rindu Cukur Gratis 2.500 Warga Bekasi
      Ketua DPRD: Pilgub Jabar Harus Aman dan Kondusif
      Dana Kampanye Paslon Dibatasi Maksimal Rp104 M
      Berita Terdahulu

      Editorial

      • Gong Xi Fa Chai
        Gong Xi Fa Chai

        JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018