web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    12 Parpol di Jabar Lulus Verifikasi Faktual

    12 Parpol di Jabar Lulus Verifikasi Faktual

    • Kamis, 1 Februari 2018 | 06:41:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar menyatakan 12 partai politik di Jabar telah memenuhi persyaratan verifikasi vaktual untuk mengikuti Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

    Ke-12 parpol tersebut, yakni PDIP, Golkar, PKS, Gerindra, PPP, PKB, PBB, NasDem, Hanura, PKPI, PAN, dan Demokrat. Verifikasi dilakukan selama 3 hari pada 28-30 Januari 2018. Ke-12 parpol tersebut merupakan parpol lama atau yang mengikuti pemilu 2014 lalu.

    "Kesimpulannya dari 12 partai tersebut, semuanya statusnya memenuhi syarat verifikasi faktual," kata Komisioner KPU Jabar Divisi Hukum Agus Rustandi seusai penyerahan berita acara hasil verifikasi faktual kepada pengurus parpol tingkat Jabar di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Rabu (31/1/2018).

    "Verifikasi kepada parpol peserta pemilu 2014 atau yang biasa disebut parpol lama. Pasca putusan MK, diwajibkan mengikuti tahapan verifikasi kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor," sambungnya.

    Agus menerangakan, dalam verifikasi tersebut ada 3 aspek yang diverifikasi, yakni secara kepengurusan, keterwakilan perempuan minimal 30 persen, dan domisili kantor. Selanjutnya, kata Agus, hasil verifikasi tersebut akan diserahkan kepada KPU RI dan secara nasional akan ditetapkan oleh KPU.

    Namun Agus tidak bisa menyimpulkan parpol mana saja yang berhak mengikuti Pileg 2019. "Kita hanya melaksanakan tahapan verifikasi. Total parpol yang akan ikut pemilu belum bisa dipastikan, karena itu kewenangan ada di KPU RI," ujarnya.

    Soal parpol baru yang mendaftar untuk mengikuti Pileg, jelas Agus, di Jabar ada 4 parpol yang baru, yaitu Partai Perindo, Garuda, Berkarya, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Untuk partai Perindo, sudah memenuhi 2 syaratm yaitu keanggotaan dan domisili kantor. Sementara 3 partai lain masih dalam tahap verifikasi di tingkat kabupaten/kota.

    "Perpol yang memenuhi syarat minimal keanggotaan adalah Perindo. Masih verifikasi itu Partai Garuda, Berkarya, dan PSI," pungkasnya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google