web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    RPJM Cimahi Cerminan Visi Kepala Daerah Terpilih
    net

    RPJM Cimahi Cerminan Visi Kepala Daerah Terpilih

    • Senin, 29 Januari 2018 | 09:49:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Cimahi - Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Cimahi untuk lima tahun kedepan segera ketok palu. Hal ini akan menjadi tonggak bersejarah karena implementasi visi dan misi wali kota dan wakil wali kota terpilih yang baru akan diimplementasikan dalam lima tahun kedepan.

    Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi Tata Wikanta membeberkan tentang urgensi RPJM dan kaitannya dengan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

    "RPJM sangat penting. Sebab, tanpa RPJM pemerintah tidak akan punya RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) dan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah)," terangnya.

    Menurutnya akhir tahun 2017 lalu, pengesahahan Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun kedepan telah disetujui legislatif setempat. Penandatanganan nota kesepahahaman RPJMD Kota Cimahi tahun 2017-2022 ini dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi bersama Pemerintah Kota yang langsung diwakili Wali Kota/Wakil Wali Kota Ajay M Priatna dan Ngataiyana.

    Tata menjelaskan, penetapan RPJMD ini setelah proses penyusunan rancangan awal, konsultasi publik, konsultasi ketingkat DPRD kota Cimahi, selanjutnya adalah konsultasi ke pemerintah provinsi. Setelah melalui konsultasi, pihaknya menerima masukan masukan dan membenahinya. Setelah itu, baru akan masuk ketahapan Musrenbang. "Musrenbang itu untuk menyepakati masukan dan menyepakati dari peserta Musrenbang terkait dengan rancangan akhir untuk RPJM," ungkapnya.

    Dijelaskannya, kewajiban untuk menuyusun RPJM berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 Tahun 2017. Dalam regulasi itu dikatakan, paling lambat enam bulan setelah pelantikan, Kepala Dearah sudah harus memiliki RPJM. 

    RPJM yang sedang disusun merupakan penjabaran dari visi misi serta program unggulan yang dijanjikan Ajay dan Ngatiyana. Lebih dari itu, RPJMD akan berfungsi  memayungi kegiatan tahunan selama lima tahun kedepan. "Kita sudah mempersiapkannya selama tiga bulan lebih, termasuk identifikasi data dan juga dari pihak SKPD," tuturnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    33 Stand Pendidikan Ramaikan Semarak Hardiknas
    Proyek Perumahan di Ciruendeu Langgar Aturan
    Cimahi Miliki 9 Simpul Titik Kemacetan Lalu Lintas
    Pedagang Minta Pemkot Cimahi Rampungkan Bangunan
    556 Guru di Cimahi Disiapkan Awasi UNBK SMP
    Berita Terdahulu

    Pilwalkot Bandung 2018

    Info Kota

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.