web stats service from statcounter

Hot News


  • Citarum Harum, Gotong Royong Semua Warga Jabar
    Citarum Harum, Gotong Royong Semua Warga Jabar
    • 19 Februari 2019 | 21:37:00 WIB

    GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil optimistis program Citarum Harum Juara akan lebih cepat terselesaikan dari target 7 tahun yang ditetapkan pemerintah pusat

Inspirasi


  • Menikah dan Perjuangan
    Menikah dan Perjuangan

    SUAMI dan istri yang sudah menikah, semakin lama komunikasi yang terjadi kurang harmonis.

    Tenaga Kerja di Karawang Terancam Kehadiran Robot
    net

    Tenaga Kerja di Karawang Terancam Kehadiran Robot

    JuaraNews, Karawang – Tingginya investasi di Kabupaten Karawang tidak sebanding dengan penyerapan tenaga kerjanya. Bahkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang menilai penyerapan tenaga kerja berjalan sangat lambat.

    "Pada periode 2016 hingga akhir tahun 2017, penyerapan tenaga kerja cenderung stagnan padahal nilai investasi cukup tinggi," kata Ketua Kadin Karawang Fadludin Damanhuri, Selasa (23/1/2018).

    Dia menilai kondisi tersebut tidak ideal. Sebab seharusnya, investasi yang tinggi itu idealnya dibarengi dengan penyerapan tenaga kerja yang tinggi pula. Kondisi itu terjadi karena umumnya perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Karawang merasa berat jika harus membayar Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karawang yang mencapai Rp3,9 juta pada 2018.

    "Saat ini perusahaan-perusahaan besar sudah mengarah untuk memberdayakan tenaga robot. Oleh karenanya maka ancamannya pengurangan karyawan," ucapnya.

    Bahkan pada 2017 terdapat perusahaan baru yang berinvestasi di salah satu kawasan industri di Karawang dengan nilai cukup tinggi, tapi jumlah karyawannya sedikit. Jumlah karyawannya, dari mulai jajaran direksi hingga cleaning service 45 orang. “Itu terjadi karena pihak perusahaan memberdayakan tenaga robot," jelasnya.

    Kondisi itu perlu diperhatikan bersama, utamanya diperhatikan oleh pemerintah kabupaten setempat, kalangan pengusaha serta kalangan buruh. Jika terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara massal akibat pemanfaatan tenaga robot, kata Fadludin, maka tentunya akan berdampak sosial.

    Sesuai dengan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Karawang, sepanjang 2017 investasi di Karawang didominasi Penanaman Modal Asing dengan nilai mencapai 1.371.017 dolar AS. Dari investasi sebesar itu, ada 520 proyek PMA (Penanaman Modal Asing) yang berlangsung selama 2017 di Karawang. (*)

    yan

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Citarum Harum, Gotong Royong Semua Warga Jabar
    Cipayung Kota Bandung Gelar Aksi Solidaritas
    Jabar Bergerak Siap Berkontribus Bangun Jawa Barat
    Uu Arahkan Pelaku Industri Beralih Segitiga Rebana
    Emil Segera Umumkan Hasil Seleksi Pejabat Eselon 2

    Editorial


    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      SELASA (15/2/209) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.