web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Pemda KBB Minta BUMDes Salurkan Program BPNT
    net

    Pemda KBB Minta BUMDes Salurkan Program BPNT

    JuaraNews, Bandung Barat – Pemkab Bandung Barat siap merealisasikan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai pengganti program rasta. Nantinya penyaluran program itu akan disalurkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

    Kepala Bidang Kerjasama dan Pengembangan Potensi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bandung Barat, Deni Ahmad menyampaikan, sosialisasi program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan program Beras Sejahtera (Rastra) antara pemerintah daerah, pihak bank swasta, serta pemerintahan desa (Pemdes) menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk mengaktifkan kembali 165 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang terdapat di 165 desa di KBB.

    "Saat ini mungkin hanya sekitar kurang lebih 80 BUMDes yang aktif tapi, dengan adanya kerjamasama ini berarti 165 BUMDes itu bisa aktif semua," terangnya saat ditemui di Hotel Panorama Lembang yang menjadi tempat digelarnya sosialisasi, Selasa (23/1/2018).

    Program prioritas pembangunan dana desa melalui BUMDes didasari Peraturan Kementerian Desa (Permendes) No. 19 tahun 2017 yang menyatakan pembangunan dana desa untuk membiayai BUMDes. Seperti membangun sarana olahraga desa, membiayai program dan kegiatan yang bersifat lintas bidang, membangun dan membiayai produk unggulan desa atau produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades).

    "Ini otomatis di tahun 2018 desa harus menganggarkan penyertaan modal dari dana desa kepada BUMDes," ucapnya.

    Adanya landasan aturan untuk melaksanakan pembangunan dana desa, maka pemda khususnya DPMD KBB menekankan kepada Pemdes melalui program tersebut bisa memprioritaskan dana desa dengan memberikan modal kepada BUMDes-nya. "Selama ini keberadaan BUMDse masih kurang diperhatikan oleh kepala desa sehingga itu harus menjadi perhatian kedepan," tukasnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    KBB Jalin MoU Smart Village dengan Kominfo
    Bus Seruduk Mobil dan Motor, Satu Tewas di Cipatat
    Proyek Perbaikan Jalan di KBB Banyak yang Mangkrak
    Diperiksa, Rem Tujuh Bus Pariwisata Bermasalah
    Libur Panjang, Kawasan Lembang Ramai Lancar
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Gong Xi Fa Chai
      Gong Xi Fa Chai

      JUMAT (16/2/2018) ini merupakan hari istimewa bagi orang-orang Tionghoa atau keturunan China di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018