web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    PD Kebersihan Layani Pengangkutan Sampah Besar
    net Emil & Siti Nurbaya tanya-jawab dengan para siswa

    PD Kebersihan Layani Pengangkutan Sampah Besar

    • Senin, 22 Januari 2018 | 07:29:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung – PD Kebersihan Kota Bandung kini menyediakan layanan pengangkutan sampah besar setiap hari Jumat.

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, dengan layanan tersebut, berbagai sampah besar seperti lemari, kasur, dan sofa dapat diangkut. Caranya masyarakat harus menelepon terlebih dahulu petugas PD Kebersihan Kota Bandung, melalui nomor telepon 022-7207889.

    "Tiap hari Jumat sampah besar bisa diangkut. Jadi sampah-sampahnya jangan dibuang sembarangan ya, terutama ke sungai. Tapi ada ongkosnya tentu," ujar Emil dalam acara Gembira Bersama Kelola Sampah Menuju Hidup Bersih dan Sehat di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Minggu (21/1/2018).

    Selain itu, sebut Emil, warga Kota Bandung juga bisa menyimpan sampah besar di kantor-kantor PD Kebersihan di 5 wilayah. "Sekali lagi saya tekankan, sampah jangan dibuang ke sungai ya. Kita sudah punya sistem sistem yang lebih manusiawi," tandas Emil.

    Pada kesempatan tersebut, bakal calon gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 tersebut menyampaikan rasa bangganya dengan kesadaraan warga Kota Bandung dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu terlihat saat beberapa siswa mampu menjawab pertanyaan dengan baik dari Emil dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

    "Tadi ada tanya jawab dengan anak-anak dapat disimpulkan bahwa efek Gerakan Pungut Sampah sangat luar biasa," kata Emil.

    Selain karena Gerakan Pungut Sampah yang diberlakukan di seluruh sekolah dan kecamatan, Emil juga memuji adanya Bank Sampah yang dinilai turut andil membentuk karakter warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. "Bank Sampah juga sudah banyak. Ada beberapa RW yang sampahnya habis di tempat tanpa ke TPS," ucapnya.

    Menteri LHK, Siti Nurbaya

    Menteri LKH Siti Nurbaya dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat membuak acara

    Pada kesempatan sama, Menteri Siti Nurbaya mengapresiasi perubahan-perubahan besar di Kota Bandung dalam 4 tahun terakhir ini, terutama di bidang lingkungan hidup. Salah satu indikatornya, adalah Kota Bandung meraih Piala Adipura selama 3 tahun berturut-turut setelah 17 tahun absen dari penghargaan itu. 

    Siti juga berterima kasih atas inovasi yang telah dilakukan Pemkot Bandung dalam meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan.

    "Karena itu kami memilih Kota Bandung sebagai milestone untuk kita mulai mengedukasi sebagai gerakan nasional di seluruh Indonesia. Dari Bandung untuk Indonesia," kata Siti dalam acara yang dihelat Pemkot Bandung dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

    Pendidikan pengelolaan sampahi, menurut Siti, sangat penting diberikan kepada generasi muda. Karena mereka memegang peranan yang signifikan dalam mengaltasi masalah sampah. "Anak-anak kita ini hanya 5,6% yang memilah sampah. 19,4%-nya kadang memilah kadang nggak. Bahkan 75% nggak pernah memilah sampah, main buang-buang saja," ujar Siti. 

    Ia juga mengungkapkan data, bahwa 64% sampah masih berakhir di pembuangan akhir. Hanya 0,6% yang didaur ulang dan 1,1% yang dibuat menjadi kompos. 

    Sejalan dengan Peraturan Presiden No 97 2017, kata Siti, pemerintah pusat menargetkan ada pengurangan timbunan sampah sebesar 30% atau 20,9 juta ton serta penanganan sampah sebesar 70% atau 49,9 juta ton dari total timbunan sampah saat ini, yakni 64 juta ton, pada tahun 2025. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Besok, Tujuh Kebohongan Rokok Bakal Diungkap
    Pemkot Bandung Salurkan Bantuan ke 31 Masjid
    Solihin: Pemkot Mampu Wujudkan Visi Kota Bandung
    Kota Bandung Berharap Dampak Positif dari BIJB
    Tangani Kemiskinan, Ini Langkah Pemkot Bandung
    Berita Terdahulu

    Info Kota

    Pilwalkot Bandung 2018

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.