web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Jangan Lupa Membayar Pajak!

    Jangan Lupa Membayar Pajak!

    • Jumat, 19 Januari 2018 | 13:08:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pembangunan Indonesia ditopang oleh penerimaan negara dalam sektor pajak. Sampai saat ini, pajak memegang posisi penting dalam keberhasilan pembangunan bangsa setelah ekspor tambang.

    Sayangnya, kesadaran para wajib pajak masih rendah, khususnya di Kota Bandung sebagai pusat perekonomian Jabar. Hal inilah yang menjadi perhatian Kanwil Ditjen Pajak Jabar 1 Yoyok Satiotomo.

    Yoyok menuturkan, terdapat beberapa strategi yang bisa dilaksanakan oleh Ditjen pajak guna menarik para wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya.

    "Terdapat sumber pajak yang tidak terdeteksi, salah satunya adalah mengenai serfikat kepemilikan tanah dan bangunan. Maka dari itu, kami selalu memperbaharui data dari badan pertanahan negara," ungkap Yoyok, Jum'at (19/1/2018)

    Menurut Yoyok, tidak ada alasan untuk tidak membayar pajak atau ragu tidak terdata bila para wajib pajak sudah menuntaskan kewajibannya.

    "Ada notaris yang mengurus pengalihan tanah atas bangunan ke BPN. Kami menyediakan Konfirmasi Setoran Wajib Pajak (KSWP) dan itu bisa cek PPh. Apa itu sudah dibayar atau belum," tambahnya.

    Yoyok mengingatkan para wajib pajak yang berasal dari luar negeri untuk melunasi seluruh kewajiban pajaknya. Pasalnya, Ditjen Pajak memiliki data para wajib pajak atas kerja sama dengan negara terkait yang dinamakan Automatic Exchange of Information (AEOI).

    "Kami pun memanfaatkan data AEOI, yaitu pertukaran data apabila ada warga asing yang membuka usaha di negara lain sehingga kewajiban pajak di negaranya terlacak otomatis, dan juga saling tukar informasi," paparnya.

    Yoyok sangat mengharapkan masyarakat tidak lupa untuk membayar pajak guna kelancaran pembangunan Jabar. Dan jika mendapatkan kesulitan dalam membayar pajak, masyarakat bisa menghubungi kantor pajak dan mereka terbuka untuk menjawabnya. (*)

    Oleh: Sidik Permana / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    KAI Daop 2 Bandung Diskon Tarif Kereta Eksekutif
    Pemprov Jabar Jajaki Kerja Sama dengan Tunisia
    Disnakertrans Sukabumi Awasi Perusahaan 'Nakal'
    Ramadan Tiba, DPRD Jabar Sidak ke Pasar Cileunyi
    Ekonomi Jabar Pada Triwulan I-2018 Tumbuh 6,02%
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Marhaban Ya Ramadan
      Marhaban Ya Ramadan

      DATANGNYA bulan suci Ramadan ini begitu istimewa bagi kaum muslimin. Banyak makna yang terdapat di Bulan Puasa ini.