web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Nelayan Cirebon Anggap Garok Ramah Lingkungan
    net

    Nelayan Cirebon Anggap Garok Ramah Lingkungan

    JuaraNews, Cirebon - Nelayan garok Cirebon, Jawa Barat, mengklaim, alat tangkap mereka yang berupa garok ramah lingkungan.

    "Garok ini alat tangkap yang ramah, liat saja Permen KP 71," kata Ketua Serikat Nelayan Garok Cirebon, Stiawan Budi di Cirebon, Rabu (17/1/2018).

    Menurutnya dalam peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan tidak tercantum alat yang ramah seperti apa dan yang tidak ramah. Untuk itu dirinya dan para nelayan menganggap bahwa garok itu termasuk alat yang ramah karena tidak diatur dan seharusnya pemerintah bisa melindungi.

    "Seperti apa yang ramah dan tidak ramah jenisnya harus disebutkan dan garok itu tidak masuk alat yang tidak ramah," tuturnya.

    Budi mengatakan kenapa kalau memang garok itu tidak ramah, para nelayan tidak mendapatkan penggantian alat tangkap, padahal di Kabupaten Cirebon ada sekitar 3.000 nelayan yang menggunakan garok.

    Dia melanjutkan kalau memang ada bantuan alat tangap itu juga harus dibedakan antara nelayan garok dan juga nelayan yang menggunakan alat tangkap tidak ramah. "Harus dibedakan antara penggantian alat tangkap dan bantuan alat tangkap dan kalau ini ramah lingkungan kenapa harus diganti," imbuhnya.

    Sementara itu Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Cirebon, Samsudin mengagakan bahwa garok termasuk alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. "Mohon maaf terkait api (alat tangkap ikan) garok masuk katagori tidak ramah lingkungan," sebutnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google