web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Badan Geologi Sebut Kampung Neundeut Aman
    net

    Badan Geologi Sebut Kampung Neundeut Aman

    JuaraNews, Bandung Barat - Kajian dari Badan Geologi menyatakan jika di Kampung Nendeut RT 01/05 Desa Sukamanah, Rongga, KBB, aman. Hal tersebut merujuk kepada bencana retakan tanah yang terjadi di kawasan tersebut pada Sabtu (16/12/2017) yang membuat 48 rumah mengalami kerusakan. 

    Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Agus Sumartono mengatakan, pihaknya telah menerima surat rekomendasi dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 29 Desember 2017. Di surat dengan nomor 2284/BGL.V/2017 itu disebutkan hasil pemeriksaan pergerakan tanah di Kampung Neundeut rekomendasinya wilayah itu masih aman. "Karena rekomendasinya aman maka di wilayah itu masih bisa ditempati," ucapnya. 

    Selain menyatakan aman, kata dia, ada beberapa rekomendasi pendukung lainnya dalam surat tersebut. Seperti bangunan di daerah itu sebaiknya rumah panggung, mempertahankan tanaman berakar kuat, mengatur saluran drainase, tidak membangun rumah di lereng atau daerah miring, mengeringkan kolam ikan atau tempat penampungan air, dan saluran air di bagian atas harus dibuat kedap air. 

    "Poin-poin itu yang kami sosialisasikan ke warga supaya kejadian ini tidak kembali muncul di kemudian hari," sambungnya. 

    Seperti diketahui BPBD KBB telah meminta Badan Geologi untuk melakukan kajian lapangan di lokasi  bencana pergerakan tanah di Kampung Nendeut RT 01/05, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, KBB. Akibat bencana ini 48 rumah mengalami kerusakan. Dari total 48 rumah itu terdapat 77 jiwa terdiri dari 41 laki-laki, 41 perempuan, 36 Balita dan 9 lanjut usia. (*)

     

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tak sesuai Standar, Kemenhub Tutup Unit Uji KIR
    Pimpin KBB, Akur Siap Jawab Keraguan Masyarakat
    Apdesi KBB Minta Plt Bupati Tidak Lakukan Mutasi
    Terlalu Banyak, Dana Bantuan ke LSM Tak Merata
    Hotel di Lembang Sepi karena Pengaruh Macet
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018