web stats service from statcounter

Hot News

Editorial

    Inspirasi

      Masjid Al Jabbar Ditargetkan Rampung Akhir 2018
      net Aher saat peletakan batu pertama Masjid Al Jabbar

      Masjid Al Jabbar Ditargetkan Rampung Akhir 2018

      • Minggu, 31 Desember 2017 | 22:43:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar memulai pembangunan masjid raya provinsi bernama Masjid Raya Al Jabbar di Jalan Gedebage Kota Bandung.

      Peletakan batu pertama masjid terapung dilakukan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar di lokasi pembangunan, Jumat (29/12/2017).

      Aher mengatakan, pembangunan Masjid Al Jabbar akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama menghabiskan anggaran Rp 511 miliar, yang digunakan untuk membuat danau retensi dan satu menara. Ditargetkan, tahap pertama masjid yang didisain oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tersebut bisa selesai pada akhir 2018 mendatang.

      "Mulai hari ini pembangunan, kan ini masuk kategori tahun jamak, sehingga di bulan Januari tidak ada jeda, langsung 1 Januari terus dilakukan pembangunan hingga akhir tahun 2018. Insya Allah sampai 70 persen sampai 2018," kata Aher.

      Bangunan masjid terapung ini dirancang berbentuk persegi dengan ukuran 99x99 meter yag terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 akan dibangun museum sejarah Nabi Muhammad Saw. Keberadaan museum tersebut sebagai implementasi dari sebuah masjid modern yang multifungsi. Sedangkan lantai 2 dan tiga menjadi tempat ibadah yang bisa menampung sekitar 60 ribu jemaah.

      Pembangunan Masjid Terapung Gedebage Dianggarkan Rp400 Miliar

      Disain Masjid Al Jabbar yang diunggal Wali Kota Bandung Ridwan kamil pada akun Twitter-nya.

      "Di sini bisa untuk manasik, ada juga Museum Asmaul Husna, Museum Nabi Muhammad SAW, sejarah Islam Indonesia, sejarah Islam Jabar. Ada tempat untuk menginap, pelatihan, perpustakaan, pertemuan dan seminar," ucapnya.

      Untuk membangun masjid milik Provinsi tersebut, ada 21 hektare lahan yang dibebaskan, 10 hektare di antaranya digunakan untuk badan air danau buatan Gedebage dengan kedalaaman 3 meter dan bisa menampung air hujan. Keberadaan sungai pun dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Bandung setara 15 meter kubik per detik.

      "Kami memanfaatkan secara maksimal pembangunan danau buatan ini, selain memiliki fungsi pengendali banjir, cadangan air baku juga sebagai fungsi sosial," pungkasnya. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Emil-Uu Resmi Berkantor di Gedung Sate
      Pj Gubernur Jabar Ungkap Peran Penting Humas
      Jelang Pilpres, Warga Diminta Jaga Kondusivitas
      Gempa Iringi Penyerahan Bantuan Jabar Peduli
      Pemprov Jabar Beri Bantuan Gempa Lombok Rp1,3 M
      Berita Terdahulu

      PARLEMENTARIA

        Advertisement On Google