web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Aher Targetkan, 2018 Jabar Nol Jaring Apung
    net

    Aher Targetkan, 2018 Jabar Nol Jaring Apung

    • Sabtu, 30 Desember 2017 | 23:20:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Purwakarta - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) menebar sebanyak 2,3 juta benih ikan di Waduk Jatiluhur Purwakarta. Kegiatan penebaran benih ikan yang dilakukannya merupakan salah satu upaya 'mengalamikan' kehidupan biota air di waduk Jatiluhur Purwakarta.

    "Kita menyepakati, dengan semua perangkat, semua sepakat untuk menata, menertibkan jaring apung tersebut. Sehingga tahun 2018 zero jaring apung, alias nol," kata Aher.

    Aher menyatakan, bahwa kotor, atau tercemarnya waduk atau embung-embung air yang ada di Jawa Barat, secara umum adalah karena terlalu banyaknya pengusaha yang membudidaya ikan dengan keramba.

    Pemanfaatan keramba di danau, waduk, atau embung, bisa menyebabkan penurunan kualitas air, yang salah satunya disebabkan buangan pakan ikan yang tidak terkonsumsi, sehingga terjadi penumpukan, sedimentasi, hingga polusi air di suatu waduk. Hingga yang paling bahaya, pencemaran air tersebut bisa menjadi penyebab kematian massal ikan.

    Sisa pakan yang tidak terkonsumsi dan metabolik berupa senyawa nitrogen dan fosfor, apabila terbuang di kolom air dan tidak dimanfaatkan oleh organisme disekitar danau (ikan, organisme bentik) maka akan menjadi partikel tersuspensi dalam bentuk partikel koloid di dasar perairan.

    "Kita mulai dari Jatiluhur, nanti Insyaallah ke Cirata ke Saguling, ke semua waduk, kita ingin mengembalikan danau ini, waduk ini, menjadi waduk yang bersih," harapnya. (*)

    yan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tenaga Kerja di Karawang Terancam Kehadiran Robot
    Gempa Banten Berdampak Ke-31 Kecamatan di Sukabumi
    Sampah Limbah Kain 20 Kubik Dibuang di Jalan
    Ormas Islam di Tasikmalaya Tolak Keberadaan LGBT
    Gempa di Banten tak Berpotensi Tsunami
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Harapan Baru di Tahun Baru
      Harapan Baru di Tahun Baru

      HARI Senin bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2018, hampir seluruh umat manusia di dunia ini merayakan malam pergantian tahun atau dikenal dengan malam Tahun Baru.

      Advertisement On Google