web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Elektabilitas Oded dan Nurul ArifinTertinggi
    net Oded (kiri) menerima kunjungan Nurul Arifin (kanan

    Elektabilitas Oded dan Nurul ArifinTertinggi

    • Sabtu, 30 Desember 2017 | 06:06:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Calon wali kota (Cawalkot) Oded M Danial dan Nurul Arifin memiliki elektabilitas tertinggi dibanding cawalkot lainnya.

    Berdasarkan survei yang digelar Parameter Konsultindo, Oded yang merupakan wakil wali Kota Bandung berada di urutan atas sebagai caalon yang paling dikenal dengan dipilih oleh 30,3% responden. Sedangkan Nurul Arifin di posisi kedua dengan 18%

    Keduanya dinilai paling berpotensi terpilah pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018 karena paling dikenal oleh warga Bandung. Kedua cawalkot ini mengungguli 11 calon lainnya yang masuk dalam survei. Yakni M Farhan (10,8%), Yana Mulyana (9,8%), Yossi Irianto (8,9%), dan Fiki Satari (8,7%). Sedangkan sisanya hanya mendapatkan pilihan di bawah 1,5%, yakni Gatot Cjahyono, Iwa Gartiwa, Aris Supriatna, Ridwan Kamil, Arfi Rafnialdi, dan Rizky Mediantoro.

    "Saat ini Oded sebagai incumbent paling leading. Diikuti Nurul Arifin dan Farhan. Tetapi karena waktu pemilihan masih 6 bulan lagi, berbagai perkembangan bisa saja terjadi. Terutama Nurul Arifin atau Farhan yang sangat mungkin menyusul," kata Direktur Utama Parameter Konsultindo Agus Aribowo di Hotel Ivory, Kota Bandung, Jumat (29/12/2017).

    Survei ini dilakukan pada periode 5 Desember hingga 12 Desember 2017, dengan lokasi responden meliputi 79 desa yang tersebar di 23 kecamatan di Kota Bandung.

    Oded, Nurul, dan Farhan sendiri selalu menempati posisi teratas untuk kategori lainnya, seperti cawalkot yang paling disukai atau cawalkot yang akan dipilih. Posisi angka keyakinan memilih, ujar Agus, mencapai 75% sangat yakin dan 24% tidak yakin.

    Soal alasan memilih calon, sebut Agus, paling banyak karena masalah ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. "Hasil survei kepada 795 orang menunjukkan bahwa alasan memilih karena faktor peduli masalah ekonomi, pendidikan, dan kesehatan sebesar 49,4%. Tetapi yang menarik, responden menganganggap penting alasan memilih karena faktor visi, misi, dan program. Angkanya mencapai 29,8%," jelas Agus. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Wali Kota Bandung Terpilih Dilantik 20 September
    Hasil Quick Count, Oded-Yana Menang 51,4%
    Ini Dia Data dan Fakta Pilwalkot Bandung 2018
    Debat Kedua Pilwalkot Bandung Digelar Malam Ini
    Ini Paparan Visi-Misi Cawalkot pada Debat Publik
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google