web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Jokowi Canangkan Program Padat Karya Tunai Januari
    net ilustrasi

    Jokowi Canangkan Program Padat Karya Tunai Januari

    • Jumat, 29 Desember 2017 | 06:54:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK Nyoman Shuida, menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengunjungi lokasi Program Padat Karya Tunai Dana Desa sekaligus mencanangkan dimulainya program tersebut.

    “Presiden akan mengunjungi lokasi kegiatan padat karya pada pertengahan atau akhir Januari 2018 dan mengundang 10 Kepala Daerah untuk mensosialisasikan program padat karya,” jelas Nyoman, di Jakarta.

    Nyoman menjelaskan, Program Padat Karya Dana Desa akan diluncurkan pada Januari 2018. Ihwal persiapannya, Kemenko PMK akan mematangkan pengisian program yang akan dilaksanakan di 100 desa pada 10 kabupaten/kota sebagai pelaksanaan tahap pertama.

    "Kita sudah minta kementerian dan lembaga terkait untuk prnyiapkan programnya hingga akhir Desember dan sudah harus dilaporkan,” tambah Nyoman.

    Program padat karya desa ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah untuk terus mendorong optimalisasi dana desa demi mendukung percepatan pengentasan kemiskinan dengan memberikan afirmasi pada desa tertinggal dan sangat tertinggal dengan jumlah penduduk miskin serta tingkat stunting yang tinggi.

    Beberapa program kementerian untuk program padat karya ini di antaranya: Fasilitas pendidikan PAUD, Pembinaan Gizi Masyarakat, Jaringan Irigasi Tersier, Embung, Penyediaan air minum dan sanitasi, Perbaikan saluran, Pembangunan bandara, dan beberapa program lainnya.

    Payung hukum pelaksanaan Program Padat Karya Dana Desa berbentuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yang ditandatangani 18 Desember 2017.

    Sebagai informasi, penandatanganan SKB 4 Menteri ini diteken oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, serta Menteri PPN dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

    Dalam SKB 4 Menteri ditegaskan bahwa Program Padat Karya Tunai di Desa merupakan program lintas sektor yang dikerjakan bersama-sama dan setiap menteri akan bertugas secara efektif sesuai tugas fungsi masing-masing. Bappenas akan berperan mengkoordinasikan penyusunan rencana aksi Kementerian/Lembaga di 1.000 desa yang menjadi sasaran. Kementerian Keuangan akan mengakomodasi penyaluran dana desa tahap I sejak Januari 2018, serta Kemendagri dan Kemendes PDTT melaksanakan bimbingan teknis pelaksanaan padat karya di desa. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Menag Minta Guru Besar Aktif Wujudkan Keberagaman
    Petahana Diimbau tak Gunakaan Reses untuk Kampanye
    Pemprov Jabar Bentuk Tim Saber Hoax
    Kemendagri Dukung Kenaikan Gaji Kepala Daerah
    Lomba MQK jadi Ajang Silaturahmi Para Santri

    Editorial

      Advertisement On Google