web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    4 Destinasi 'Bali Baru' Jadi Prioritas
    net Candi Borobudur di Jawa Tengah

    4 Destinasi 'Bali Baru' Jadi Prioritas

    • Jumat, 29 Desember 2017 | 06:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Pengembangan pariwisata di 10 destinasi wisata prioritas atau disebut 10 Bali Baru terus dilakukan.

    Namun pemerintah sepakat untuk fokus kepada percepatan pengembangan 4 destinasi dari 10 Bali Baru yang sebelumnya ditetapkan. Keempatnya adalah Danau Toba (Sumut), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), dan Labuan Bajo (NTT).

    Plt bidang Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida mengungkapkan skala prioritas dilakukan guna menyesuaikan dana anggaran pemerintah.

    "Kesepuluh destinasi itu tetap dikerjakan mulai infrastruktur hingga hotel dan keterlibatan UMKM di kawasan belanjanya. Tapi untuk tahap awal akan diprioritaskan pada empat destinasi dulu," ujar Nyoman di Jakarta, Kamis (28/12/2017).

    Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar dan terdalam di dunia yang di tengahnya ada pulau Samosir. Keunikan ini diharapkan mampu menarik wisatawan ke wilayah ujung barat Indonesia, sekaligus menjadi daya pantul pengembangan sektor pariwisata daerah sekitarnya, seperti Aceh.

    Sebelumnya, Menpar Arief Yahya usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo membahas pengembangan 10 Bali Baru menjelaskan, semua yang terkait dengan masyarakat akan segera dituntaskan.

    Di antaranya adalah pembangunan homestay dan restoran yang modelnya disiapkan Kementerian Pariwisata, dan pembangunannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu, toko cenderamata akan digarap oleh Kementerian Perdagangan.

    "Poinnya ada modelling, dan akan dieksekusi 2018 di empat lokasi. Saya sudah kirim surat ke PUPR sebelum ratas ini dan sudah diinstruksikan Presiden bahwa kita harus berikan model," kata Arief.

    Presiden juga menginstruksikan untuk Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), harus dibuatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) Center. Sehingga, keberadaan pelaku UKM bisa ditata secara baik.

    Menpar menyebutkan, pembahasan untuk fokus pada empat destinasi Bali baru sudah melalui diskusi panjang. Apalagi tiga dari empat prioritas ini tinggal direvitalisasi seperti Danau Toba, Borobudur dan Mandalika.

    "Sementara new comer, Labuan Bajo. Artinya tiga itu merevitalisasi, yang satu pendatang baru yang kalau kita sentuh bisa meledak," ucap Arief optimis.

    Fokus pada 4 destinasi ini bukan berarti tidak mengerjakan 6 destinasi Bali baru lainnya. Menurutnya 10 destinasi tetap dikerjakan, tetapi pembangunan homestay, restoran, toko cenderamata dan UKM center fokus pada 4 lokasi.

    Adapun 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Morotai di Maluku Utara. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemilih Dilarang Bawa Smartphone ke Bilik Suara
    Polda Metro Jaya Siap Amankan Pilkada di Jabar
    Ustaz Mantan Rocker Harry Moekti Meninggal Dunia
    SBY: Pemerintah, BIN, TNI, dan Polri Harus Netral
    SBY: Deddy-Dedi yang Terbaik & Mampu Pimpin Jabar
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Selamat Hari Raya Idul Fitri
      Selamat Hari Raya Idul Fitri

      DENGAN rasa suka cita dan senang, kita menyambut Hari Kemenangan, bercampur sedih, karena kita ditinggalkan bulan Ramadan yang penuh berkah.

      Advertisement On Google