web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Kebersamaan dalam Perbedaan
    net Jemaat mengikuti misa Natal di Gereja Katedral

    Kebersamaan dalam Perbedaan

    • Selasa, 25 Desember 2018 | 06:04:00 WIB
    • 0 Komentar

    HARI Raya Natal, dirayakan serentak oleh miliaran umat Kristian, termasuk di Indonesia, Selas (25/12/2018) ini.

    Hari raya kaum Kristiani ini pun berlangsung aman dan damai, tanpa terjadi sesuatu yang bisa mengurangi khidmatnya Natal. Di Kota Bandung, misalnya, dengan pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian dibantu anggota TNI, umat Kristiani bisa dengan leluasa tanpa ada kekhawatiran dalam merayakan hari kelahiran Yesus Kristus tersebut sehingga bisa lebih memaknai Natal.

    Hari Natal sejatinya dirayakan khusus oleh umat Kristiani. Namun, tidak berarti pemeluk agama lain tidak merasakan kegembiraan dan kebahagiaan di hari tersebut. Karena itu, tak salah jika umat berbagai agama yang paling tidak, diwakili para pejabat publik memberikan selamat dan mengunjungi gereja-gereja tempat digelarnya misa Natal.

    Seperti yang dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkiominda) Jabar, dengan mengunjungi Gereja Katedral St Petrus, Jalan Merdeka Kota Bandung, Senin (24/12/2017) malam. Kedatangan Emil yang didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto hingga unsur pimpinan di Kota Bandung mulai dari Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Dandim Kota Bandung Kolonel Inf Arifin Dahlan.

    "Saya dengan forkominda, Pak Kapolda, Pak Asda, dan Wakil Wali Kota juga berkeliling untuk memastikan pengondisian yang sudah dilakukan oleh aparat. Saya monitor sejauh ini lancar, tidak ada dinamika-dinamika yang tidak dikehendaki," ungkap Emil di Gereja Katedral.

    "Tidak ada dinamika yang tidak dikehendaki. Silakan umat kristiani beribadah seluas luasnya, senyaman nyamannya. Pangdam, Kapolda akan menjamin kemanan. Silakan laporkan yang meresahkan," tambahnya

    Kedatangan para tinggi ke gereja tersebut, selain sebagai penghormatan juga menyampaikan ucapan selamat kepada umat Kristiani yang merayakan Natal. Tentunya sebuah pemandangan indah, saat para pemimpin yang notabene berbeda keyakinan bisa duduk bersama dengan saling menghormati.

    Tentunya sikap yang ditunjukkan tersebut harus menjadi teladan bagi umat semua agama. Bahwa tak ada sekat-sekat agama dalam pergaulan bermasyarakat dan bernegara. Apalagi, dalam negara Republik Indonesia yang menjunjung tinggi kebebasan beragama ini, semua warga negara bebas beragama dan menjalankan ajaran agamanya tanpa harus takut mendapat tekanan atau intimidasi dari pemeluk agama lainnya. Termasuk, intimidasi dari agama mayoritas terhadap minoritas.

    Pertentangan antaragama, tak boleh lagi di negeri ini. Ka­rena, memeluk agama dan beribadah menurut agamanya merupakan hak asasi setiap manusia Indonesia yang dijamin dalam UUD 1945.

    Tentu akan sangat indah dan damai Indonesia ini, jika semua warganya bisa menjunjung tinggi toleransi. Juga turut berbahagia saat pemeluk agama lain merayakan hari raya keagamaannya. Karena kita semua memang satu, yakni warga negara Indonesia. Momen kasih Natal ini semoga mengilhami seluruh masyarakat Indonesia akan indahnya kebersamaan. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Tahun Baru Hijriah, Pererat Silaturahmi Toleransi
    Dirgahayu Republik Indonesia ke-74 Tahun
    Mari Kita Berkurban
    • Mari Kita Berkurban

      SEKITAR 2,1 miliar umat muslim di seluruh dunia serentak memeringati Hari Raya Idul Adha yang pada 2019 ini jatuh pada hari Minggu Selengkapnya..

      • 11 Agustus 2019
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah
    Marhaban Ya Ramadan

    Editorial



      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 98
      2. Liverpool 38 97
      3. Chelsea 38 72
      4. Tottenham Hotspur 38 71
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 17 41
      2 PS Tira Persikabo 18 34
      3 Madura United 19 31