web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Pemkot Gagas GEPUK
    net Oded M Danial

    Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Pemkot Gagas GEPUK

    • Minggu, 24 Desember 2017 | 07:24:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Guna meningkatkan kesejahteraan dan membuka kesempatan kerja keluarga msikin, Pemkot Bandung menggagas Gerakan Penguatan Usaha Ekonomi Keluarga (GEPUK).

    Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, GEPUK bisa menjadi terobosan inovatif untuk meningkatkan kesejahterahan dan kesempatan kerja keluarga miskin secara mandiri.

    "GEPUK adalah program dari Dinas Sosial Kota Bandung bekerjasama dengan forum peduli anak bangsa. Mereka mengadakan sebuah agenda yang namanya GEPUK. GEPUK adalah Gerakan Penguatan Usaha Ekonomi Keluarga," ujar Oded di Hotel Grand Pasundan, Jalan BKR Kota Bandung, Kamis (21/12/2017).

    Oded mengungkapkan, dalam GEPUK, ada 4 nilai yang harus dijunjung tinggi, yaitu fungsi keluarga, ekonomi, agama, dan pemerintah. Penguatan ketahanan ekonomi keluarga wajib bermula dari keharmonisan keluarga.

    "Kedua fungsi ekonomi, saya selalu mendorong seluruh warga Kota Bandung untuk membangun kekuatan ekonomi mereka misalkan dengan Urban Farming," ucapnya.

    Tujuan khusus GEPUK Bandung, antara lain menigkatkan kesempatan kerja bagi keluarga miskin yang rentan terpinggirkan dalam proses pengambilan keputusan. Kemudian meningkatkan kapasitas kelembagaan keluarga yang mengakar, serta meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada keluarga miskin.

    Menurut Oded, dalam penguatan ketahanan ekonomi keluarga ini pun harus harus sesuai kaidah agama. Tanpa agama, ucapnya, manusia akan kehilangan arah hidupnya. Terakhir, fungsi pemerintah yang harus hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai penggenjot semangat dan mewadahi sarana dan prasarana dalam berkarya.

    "Harapan saya tentu dengan hadirnya GEPUK ini, tidak sekadar membangun ketahanan keluarga dari sisi ekonomi saja tetapi dari berbagai aspek," ujar Oded. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wali Kota Bandung Hadiahi Sepeda untuk 2 Manusia Gorong-gorong
    Rumah Deret Jadi Langkah Pemkot Bandung Tangani Kawasan Kumuh
    3.000 Difabel Ikuti Parade Rayakan Hari Disabilitas Internasional
    Cegah Stunting, Posyandu Cicendo Luncurkan Aplikasi Si Aplod dan Si Centring
    Kesalehan Sosial Antar Manusia ke Surga

    Editorial


      Info Kota