web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Presiden Minta Generasi Muda tak Takut Berbisnis
    net

    Presiden Minta Generasi Muda tak Takut Berbisnis

    • Selasa, 19 Desember 2017 | 05:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Presiden Joko Widodo meminta generasi muda agar tidak takut merintis bisnis. Jokowi mengatakan reputasi pebisnis dan produk sangat penting dalam berbisnis.

    "Brand value sebuah produk penting, karena dari situ sebenarnya nilai dari sebuah produk bisa diangkat dan valuasi dihitung dari sana," kata Jokowi dalam Seminar Entepreneurs Wanted di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari Kota Bandung, Senin (18/12/2017).

    Saat ini, jumlah pengusaha di Indonesia masih rendah. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekira 3,3%. Jumlah tersebut masih di bawah Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%).

    Jokowi ingin mendorong sebanyak-banyaknya anak muda untuk berani berbisnis. Menurut Jokowi, kemajuan teknologi seharusnya menjadi peluang anak muda dalam berbisnis. Jokowi menyadari membangun sebuah bisnis tidak mudah, karena itu ia berharap anak muda dapat tekun dalam berbisnis. Seiring berjalannya waktu ia yakin seorang pengusaha dapat menarik minat investor.

    "Saya tahu seluk-beluk berusaha. Saya tahu sulitnya mencari modal usaha di awal, keliling-keliling mencari pembeli. Saya juga tahu bagaimana mengurus perizinan yang rumit, bagaimana cara mengurus SPT Pajak, karena usaha harus bayar pajak. Saya juga tahu bagaimana mengurus karyawan dan alat-alat produksi, " paparnya.

    Sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi presiden, Jokowi mengaku sudah 27 tahun menjadi pengusaha di bidang furnitur. Hingga saat ini, ia mengaku usaha mengekspor produk-produk berbahan kayu miliknya masih berjalan.

    Jokowi menyontohkan generasi muda untuk mengikuti jejak Wiliam Tanuwijaya dan Andi Taufan yang juga hadir dalam acara tersebut. William adalah CEO dan Founder Tokopedia sedangkan Andi adalah Founder Amartha, start-up yang mempertemukan peminjam modal dengan pemodal.

    "Taufan saya tahu paling usianya masih 30-an tahun. William juga masih 26 tahun, tetapi memiliki bisnis brand value sampai miliaran. Saya 27 tahun, paling tidak ada sampai Rp30 miliar," ujarnya.

    Ia mengatakan potensi anak muda saat ini adalah berinovasi. Karena itu, ia meminta anak muda Indonesia tidak takut untuk memulai sesuatu yang baru. Dia juga mengatakan anak muda harus menggunakan cara-cara baru untuk memulai bisnis.

    "Anak-anak sekarang kan bilangnya 'eksistensi tanpa henti melalui inovasi namun tetap penuh gaya'. Gaya memang enggak boleh hilang," ujarnya yang segera disambut tawa peserta.

    Pada kesempatan itu, ia juga berpesan agar anak muda selalu belajar dari siapapun dan dari manapun. Untuk itu, anak muda juga dituntut tidak boleh gengsi demi bisa mengembangkan dirinya. "Memulai bisa kapan saja, tapi yang jelas itu enggak akan jadi, kalau enggak pernah memulai. Bagaimana mau jadi, kalau memulai pun tidak," ujarnya. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    UKM Diminta Daftarkan Hak Paten Produknya
    Kreativitas Modal Utama Kemajuan Jabar di Masa Depan.
    Pemprov Jabar Buka Peluang Kerja Sama dengan Investor asal Chongqing China
    Pemerintah Bakal Jadikan Patimban City sebagai Pusat Kota Baru
    Pesantren OPOP Jabar Curi Perhatian Delegasi Eropa, Asia, dan Afrika

    Editorial


    • Teladani Semangat Pahlawan
      Teladani Semangat Pahlawan

      HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.