web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

  • Fokus Seorang Pemimpin
    Fokus Seorang Pemimpin

    MENJADI pemimpin adalah kesempatan berharga karena tidak semua orang berkesempatan menjadi pemimpin dalam suatu entitas bisnis.

    Seorang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gempa
    net Rumah di Tasikmalaya rusak diguncang gempa

    Seorang Tewas dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gempa

    • Sabtu, 16 Desember 2017 | 21:03:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Ratusan rumah mengalami kerusakan dan seorang meninggal dunia setelah gempa bumi menguncang wilayah Jabar pada Jumat (16/12/2017) malam.

    Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini akan terjadinya tsunami akibat gempa bermagnitudo 7,3 di 85 Barat Daya Ciamis pada pukul 23.47 WIB. Namun peringatan tersebut akhirnya setelah tidak terbukti terjadi tsunami. Pengumuman pencabutan peringatan dini dikeluarkan Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia (InaTEWS), Sabtu (16/12/2017) pukul 02.26 WIB.

    Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, hingga Sabtu (16/12/2017) pukul 12.00 WIB, di Kabupaten Ciamis tercatat 188 rumah rusak, 50 di antaranya rusak berat, 83 rumah rusak sedang, dan 55 rumah rusak ringan. Seorang warga dilaporkan meninggal, yakni Hj Dede Lutfi (62) warga Desa Gunungsahari RT 04/02, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Akibat gempa bumi berkekuatan 6,9 SR yang terjadi pukul 23.47 WIB ini pun 200 jiwa mengungsi di Kecamatan Pamarican Ciamis.

    Sementara di Kabupaten Tasikmalaya, 109 rumah rusak, 44 di antaranya rusak berat dan 65 rumah rusak sedang. Selain rumah warga, RSUD Soekarjo rusak sedang, Gedung SMKN 3 Tasikmalaya rusak sedang. Kerusakan juga terjadi pada 4 madrasah, 2 mapolsek, dan 1 aula kantor desa.

    Sedangkan di Kabupaten Pangandaran, sebanyak 91 rumah alami kerusakan, terdiri atas 38 rusak berat, 20 rumah rusak sedang, dan 33 rumah rusak ringan. Selain itu, Kantor Samsat Pangandaran rusa sedang. Lalu di Kota Banjar, ada 7 rumah rusak, dan di Kabupaten Bandung 2 rumah rusak berat, serta 27 rumah rusak sedang di Kabupaten Garut.

    Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dicky Saromi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan bantuan logistik bagi para korban yang terdampak gempa, terutama yang berada di pengungsian. Menurut Dicky, sejauh ini stok logistik masih cukup. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, tenda pengungsian, family kit, dan kebutuhan lainnya.

    "Logistik sejak jauh hari sudah disalurkan ke BPBD kabupaten dan kota bersangkutan. Semua masih cukup, kecuali Ciamis yang meminta tambahan stok logistik. Tapi masih bisa menangani. Kami juga terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menangani masa darurat bencana," kata Dicky di Bandung, Sabtu (16/12/2017). (*)

    Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan Pemprov Jabar melakukan mitigasi bencana dan siap melakukan normalisasi dampak bencana. Aher meminta aparatnya segera menginventarisasi gedung-gedung pemerintah yang rusak terdampak gempa untuk selanjutnya diperbaiki. Demikian pula dengan bangunan atau rumah warga yang rusak, pemerintah siap membantu merehabilitas sehingga warga bisa segera menempati kembali rumah mereka.

    "Penanganan dengan menenangkan masyarakat, melakukan evakuasi dan mitigasi bencana. Insya Allah bisa tertangani oleh kita," kata Aher. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    LKS Tripartit Rekomendasikan Penataan TKA di Jabar
    Demiz Dorong Wisata Religi Jadi Wisata Halal
    Masyarakat Diminta Komitmen Rawat Geopark Ciletuh
    Hindari Gugatan MK, Demiz Ingin Menang Selisih 10%
    Banjir di Kota Bandung, Demiz: RDTR Harus Diawasi
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Pilih Pemimpin yang Amanah
      Pilih Pemimpin yang Amanah

      PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 yang akan dihelat pada 27 Juni 2018, kini sudah memasuki tahapan kampanye.

      Advertisement On Google