web stats service from statcounter

Hot News

  • Gozo: 1 Poin Hasil Kerja Keras Semua Pemain
    Gozo: 1 Poin Hasil Kerja Keras Semua Pemain
    • 16 Oktober 2018 | 10:12:00 WIB

    GHOZALI Siregar tampil sebagai pahlawan yang menghindarkan Persib dari kekalahan oleh Persipura pada laga tandang Pekan 25 Liga 1 2018, Senin (15/10/2018).

Inspirasi

    Masuk Museum Gedung Sate Gratis hingga Akhir Tahun
    net Aher saat meninjau Museum Gedung Sate

    Masuk Museum Gedung Sate Gratis hingga Akhir Tahun

    • Sabtu, 9 Desember 2017 | 07:55:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Museum Gedung Sate di basement Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung resmi dibuka oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Jumat (8/12/2017).

    Masyarakat sudah bisa mengunjungi museum ini, bahkan dalam masa sosialisasi hingga akhri Desemer 2017 nanti, pengelola menggratiskan tiket masuk kepada pengunjung. Selanjutnya, pengunjung diharuskan membayar tiket seharga Rp5 ribu .

    "Waktu operasional pukul 10.00-16.00 WIB. Buka tiap hari, Senin libur," kata Kepala Bagian Publikasi Setda Pemprov Jabar Ade Sukalsah di Gedung Sate, Jumat (8/12/2017).

    Menurut Ade, Museum Gedung Sate berisi tentang sejarah dan arsitektur Gedung Sate yang dinobatkan sebagai gedung terindah di dunia. Ada 3 segmen yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu prolog, eksplorasi, dan kontemplasi.

    Ketua Tim Museum Gedung Sate Ade Garnandi menjelaskan, museum ini dibangun karena Gedung Sate adalah lambang Jabar. Selain itu, Gedung Sate juga memiliki nilai historis tinggi. "Ada nilai-nilai perjuangan di dalam sini. Bahkan, ada yang sampai mengorbankan jiwa dan raganya demi melindungi status Gedung Sate sebagai milik bangsa Indonesia," katanya.

    Meskipun bertema sejarah, pengunjung Museum Gedung Sate akan merasakan sensasi teknologi saat menggali informasi. Teknologi layar sentuh yang menyajikan informasi melalui grafis menarik, menjadi daya tarik atraksi Museum Gedung Sate.

    Pengunjung juga dapat mencoba kaca mata virtual yang membuat kita seolah-olah menaiki balon udara mengelilingi Gedung Sate. Ada juga ruangan yang membuat pengunjung terlibat saat pengerjaan Gedung Sate, dengan teknologi augmented reality. Di Museum Gedung Sate, pengunjung juga akan disuguhi sejarah Kota Bandung. Informasi bakal disajikan dalam bentuk teknologi digital, sehingga lebih mudah dipahami.

    Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku takjub dengan sentuhan teknologi yang dihadirkan Museum Gedung Sate. Apalagi, konten sejarah yang ditampilkan cukup lengkap lantaran melalui riset cukup lama.

    "Ini di luar ekspektasi. Saya tidak membayangkan sebagus ini karena ada sentuhan teknologi," kata Aher.

    Menurut Aher, pihaknya sengaja mengusung konsep smart museum. Sehingga Museum Gedung Sate bisa menjadi percontohan pembangunan museum-museum lainnya.Aher berharap kehadiran museum ini membuat masyarakat mudah memahami sejarah.

    "Ini juga model ke depan kalau bikin museum lagi, dibuat dengan konten yang lengkap dan menyenangkan. Nanti ada cerita pendek tentang sejarah Gedung Sate," tuturnya.

    Museum yang dibangun dengan anggaran Rp11,5 miliar ini akan dibuka setiap hari untuk umum. Nantinya, Museum Gedung Sate bakal dikelola BUMD. "Nanti ada tiket agar lebih profesional. Kami hanya meminta masyarakat tertib dan merawat bersama museum ini," kata Aher. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    PR Summit Bandung Kampanyekan #ViralKabarBaik
    Pemkot Kaji Pemberlakukan Sistem Ganjil-Genap
    Kejahatan Marak, Pemkot Bakal Tambah Jumlah CCTV
    Pasar Gedebage Terbakar Lagi, 600 Kios Ludes
    Kota Bandung Raih 2 Penghargaan KDI 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Info Kota