web stats service from statcounter

Hot News

Gedung Sate

    Inspirasi

      Elektabilitas Dede Yusuf sebagai Cawagub Tertinggi
      net Dede Yusuf

      pilgub jabar 2018

      Elektabilitas Dede Yusuf sebagai Cawagub Tertinggi

      JuaraNews, Jakarta - Poltracking Indonesia merilis survei kandidat calon wakil gubernur untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

      Dari hasil survei yang melibatkan 1.200 responden pada 10-15 November 2017 tersebut, di luar perkiraan nama mantan wagub Jabar Dede Yusuf berada di posisi teratas di antara 15 nama tokoh yang muncul.

      Poltracking memberikan pertanyaan semiterbuka soal cawagub Jabar kepada responden. Ada 15 nama kandidat yang muncul. Dede Yusuf memperoleh 25,7%, disusul KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 19,8%, dan Desy Ratnasari 9,3%.

      Sayangnya ketiga nama tersebut, dipastikan tidak mengikuti Pilkada serentak kali ini. Demokrat yang merupakan partainya Dede Yusuf, telah mendeklarasikan Deddy Mizwar berpasangan dengan Ahmad Syaikhu. Sedangkan Aa Gym dan Desy menolak untuk dicalonkan.

      Dari 15 nama yang muncul, hanya 5 yang disebut-sebut bakal tampil sebagai cawagub. Kelimanya, yakni Daniel Mutaqien (Golkar), Uu Ruzhanul Ulum (PPP), Ahmad Syaikhu (PKS), Saan Mustopa (NasDem), dan Puti Guntur Soekarno (PDIP).

      Selanjutnya survei Poltracking dilakukan dengan sejumlah simulasi pertanyaan tertutup. Salah satunya terhadap 3 nama yang disebut-sebut akan maju sebagai cawagub di Pilgub Jabar, yakni pendamping Ridwan Kamil, Daniel Mutaqien; pasangan Deddy Mizwar, Ahmad Syaikhu; dan Puti Guntur Soekarno. Hasilnya, Daniel yang merupakan kader Golkar, berada di posisi tertinggi.

      "Jika dalam Pilkada Jabar ada 3 kandidat calon wakil gubernur, Daniel Mutaqien (10,6%) adalah kandidat tingkat elektabilitas paling tinggi. Selanjutnya Ahmad Syaikhu (8,2%) dan Puti Guntur Soekarno (5,4%)," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda dalam diskusi 'Peta Elektabilitas Kandidat Gubernur dan Preferensi Pemilih Pilkada Jawa Barat 2018' di Hotel Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (5/12/2017).

      Namun Hanta mengingatkan persentase masyarakat yang tidak menjawab atau belum memutuskan pilihan masih sangat besar dengan nilai 78,8%. Dengan demikian, prosentase elektabilitas cawagub pada Pilgub nanti masih bisa berubah.

      Berikut ini hasil lengkap survei cawagub yang dilakukan Poltracking Indonesia:
      Dede Yusuf 25,7%
      Aa Gym 19,8%
      Desy Ratnasari 9,3%
      Daniel Mutaqien 4,9%
      Uu Ruzhanul Ulum 3,8%
      Rieke Diah Pitaloka 3,6%
      Ahmad Syaikhu 2,5%
      Saan Mustopa 1%
      TB Hasanuddin 0,9%
      Cellica Nurrachadiana 0,8%
      Puti Guntur Soekarno 0,8%
      Tatang Zaenudin 0,3%
      Ineu Purwadewi Sundari 0,3%
      Netty Prasetiyani Heryawan 0,2%
      Burhanudin Abdullah 0,1%
      Lainnya 4,6%
      Tidak tahu/tidak jawab 21,4%. (*)

      den

      0 Komentar
      Tinggalkan Komentar
      Cancel reply
      0 Komentar
      Tidak ada komentar
      Berita Lainnya
      Survei eLSID,Uu Cawagub Pendamping Emil Terpopuler
      Asal dari Militer, Sudrajat tak Gentar Ikut Pilgub
      Ketum Golkar Ganti,Emil Harap Dukungan tak Berubah
      Anton Bentuk Posko-Posko Relawan di Jabar
      Demiz Besyukur Sudah Punya Cawagub
      Berita Terdahulu

      Editorial

        Advertisement On Google

        Pilwalkot Bandung 2018