web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Soroja Diresmikan, Bandung-Soreang Hanya 10 Menit
    net Presiden menekan sirene tanda dibukanya Tol Soroja

    Soroja Diresmikan, Bandung-Soreang Hanya 10 Menit

    • Senin, 4 Desember 2017 | 23:15:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Gerbang Tol Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/11/2017) siang.

    Peresmian tersebut menandai Tol Soroja sudah dapat dioperasikan dan digunakan oleh masyarakat. Dalam sepekan ke depan, masyarakat bisa melalui tol sepanjang 10,55 km tersebut secara gratis, sebelum pengelola tol PT Citra Lintas Marga Jabar (CMLJ) mengumumkan tarif resminya pada pekan depan.

    "Ini tol yang sangat dinantikan masyarakat Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Selain itu sudah ditunggu lama sejak 1996 diusulkan. Ini sudah dikerjakan 2 tahun lebih," ujar Jokowi di sela peresmian.

    Jokowi mengatakan, keberadaan Tol Soroja dengan nilai investasi mencapai Rp1,765 triliun tersebut bisa memangkas waktu tempuh dari Kota Bandung ke Kabupaten Bandung, menjadi 10-12 menit. Sedangkan jika melalui jalur arteri lewat Jalan Kopo Kota Bandung menuju Soreang, waktu tempuh bisa mencapai 30 menit dalam keadaan lancar, namun jika terjadi kemacaten bisa mencapai 1,5 jam hingga 3 jam.

    Menurutnya, di Kabupaten Bandung terdapat kawasan industri, wisata, pemerintahan dan olahraga. Ke depan, diharapkan sektor-sektor tersebut mobilitasnya akan semakin baik.

    "Terutama ke wilayah wisata diharapkan akan lebih banyak wisatawan serta industri lebih efisien dan daya saing lebih baik. Kabupaten Bandung harus bersiap mengalami percepatan diberbagai bidang," katanya.

    Dengan adanya gerbang Tol Soroja yang berdekatan dengan kawasan olahraga Stadion si Jalak Harupat, bisa mendorong kebangkitan prestasi di Jabar. Selain itu, terdapat tempat wisata yang berpotensi dan bervariasi yaitu kebun teh di Rancabali, Ciwidey, Malabar Pangalengan, Situ Latenggang dan Situ Cileunca dan sumber air panas di Ciwalini, Kawah Putih, rumah peninggalan Boscha.

    "Para penggemar sepak bola bisa mengehemat waktu dan ongkos menuju stadion. Ini juga sekaligus bisa menjadi momentum bangkitnya atlet Jabar khususnya Kabupaten Bandung," ucapnya.

    Jokowi mengharapkan jalan tol ini bisa membuat kawasan Bandung Selatan berkembang pesat. Menurutnya, Bandung Selatan mengandung banyak potensi, mulai dari hunian pemukiman, sarana olah raga, tempat wisata sampai industri.

    Dalam sambutannya itu juga Jokowi mengutip lagu ciptaan Ismail Marzuki mengenai Bandung Selatan. “Bandung Selatan, dilupakan jangan. Itu lagu Ismail Marzuki,” kata Presiden.

    Sedangkan saat menutup sambutannya, Jokowi menyampaikan pantun berbahasa Sunda mengenai Tol Soroja. "Ka Soreang ngagaleuh laja, uihna ka Pasirkoja. Geuning ayeuna aya Tol Soroja, dina rasa anu bahagia," ucap Jokowi.

    “Bandung Selatan, utamanya Kabupaten Bandung, bersiaplah untuk mengalami percepatan di berbagai bidang,” tuturnya.

    Peresmian Tol Soroja sendiri ditandai dengan membunyikan sirine dan penandatanganan prasasti. Setelah itu, Jokowi dan rombongan menjajal jalan tol dengan menggunakan bus Persib. Sejumlah pemain Persib juga mendampingi Jokowi menjajal Tol Soroja.

    Gong Xi Fa Chai

    Bus Persib yang ditumpangi Presiden Jokowi mencoba Jalan Tol Soroja.

     

    Jalan Tol Soroja yang terkoneksi dengan Ruas Tol Cupularan KM 132 di kawasan Pasirkoja tersebut mempunyai 5 tol exit, yakni Gerbang Tol (GT) Margaasih Barat, GT Margaasih Timur, GT Kutawaringin Barat, GT Kutawaringin Timur, dan GT Soreang. Tol Soroja memiliki 3 simpang susun, yakni Simpang susun Pasirkoja, Margaasih, dan Katapang.

    Jalan tol ini dikerjakan selama 3 tahun sejak peletakan batu pertama pada 10 September 2015. Pengerjaan jalan tol ini dibagi menjadi 3 sesi, yakni sesi Pasirkoja-Margaasih (3,05 kilometer), Margaasih-Katapang (2,2 kilometer), dan Katapang-Soreang (2,9 kilometer). Jalan tol ini nantinya akan menampung kendaraan dari berbagai tol seperti dari Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Tol Cipali.

    Seusai meresmikan Jalan Tol Soroja, Presiden dan rombongan sempat mampir untuk minum kopi di kawasan Jalan Progo, Kota Bandung, sekitar pukul 15.30 WIB. Beberapa pejabat menemani Presiden ngopi, di antaranya ialah Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki.

    Sekitar pukul 16.10 WIB, Presiden bersama rombongan berangkat menuju Bandara Husein Sastranegara, Jaalan Pajajaran untuk melanjutkan penerbangan ke Jakarta menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Pesawat tinggal landas sekitar pukul 16.40 WIB menuju , Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Menko PMK Minta Penyusunan Buku Dicek dan Ricek
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google