web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Bambang: Suap di Tahun 2017 Lebih Parah
    Ilustrasi

    Bambang: Suap di Tahun 2017 Lebih Parah

    • Minggu, 3 Desember 2017 | 19:24:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pengamat pemerintahan Local Goverment Institute Studies, Bambang Wibisono, menilai, pimpinan lembaga perijinan di Kota Bandung sudah berusaha memperbaiki sistem perijinan yang tujuannya untuk memberantas suap. Namun saat ini kondisi itu tak bisa dipertahankan sehingga muncul hasil survey Transparancy Intenasional Indonesia (TII) yang menyebutkan Kota Bandung sebagai kota yang memiliki prosentase suap yang paling tinggi.

    Berdasarkan survey tersebut, prosentase suap suap kota Bandung mencapai 10,8 persen. Hal ini, kata Bambang, sangat mengangetkan karena Pemkot Bandung dianggap sudah melakukan pembersihan di instansi perijinan. "Tapi malah suap terjadi di tahun 2017 malah lebih parah," kata Bambang, menanggapi hasil survey TII tersebut.

    Kepada wartawan di Bandung, Minggu (3/12/2017), Bambang mengatakan, hasil survey TII ini membuktikan suap di Kota Bandung sudah membudaya, siapapun yang menjadi pimpinan di lembaga perijinan. "Tetap pemimpin lembaga perijinan itu tak bisa menuntaskan masalah suap ini," katanya.

    Melihat hasil survey, katanya, suap di tahun 2017 lebih parah dibandingkan tahun 2015 dan 2017. "Artinya juga, pimpinan lembaga perijinan sebelum 2017 juga ada upaya menerkan angka suap. Tapi ternyata tahun 2017 ini lebih parah," katanya lagi.


    Ia menambahkan, budaya suap ini jangan sampai menggurita dan harus dihentikan. "Jangan sampai memakan korban lagi, dan mungkin justru pelaku suap yang sebenarnya masih berkeliaran," kata Bambang mengakhiri. (*)

    Oleh: ude gunadi / ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemkot Tingkatkan Sosialisasi Stop Ngebut di Jalan
    Cegah Penyebaran Narkoba, BNN Gelar Sosialisasi
    Oded Bertekad Jadikan Bandung Bebas Sampah
    Emil bakal Bawa Beberes Bandung jadi Beberes Jabar
    Sambut Asian Games,10 Ribu Relawan Beberes Bandung
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Info Kota

      Pilwalkot Bandung 2018