blog counter
PT POS

Bambang: Suap di Tahun 2017 Lebih Parah

  • Minggu, 3 Desember 2017 | 19:24:00 WIB
  • 0 Komentar


Bambang: Suap di Tahun 2017 Lebih Parah

JuaraNews, Bandung - Pengamat pemerintahan Local Goverment Institute Studies, Bambang Wibisono, menilai, pimpinan lembaga perijinan di Kota Bandung sudah berusaha memperbaiki sistem perijinan yang tujuannya untuk memberantas suap. Namun saat ini kondisi itu tak bisa dipertahankan sehingga muncul hasil survey Transparancy Intenasional Indonesia (TII) yang menyebutkan Kota Bandung sebagai kota yang memiliki prosentase suap yang paling tinggi.

Berdasarkan survey tersebut, prosentase suap suap kota Bandung mencapai 10,8 persen. Hal ini, kata Bambang, sangat mengangetkan karena Pemkot Bandung dianggap sudah melakukan pembersihan di instansi perijinan. "Tapi malah suap terjadi di tahun 2017 malah lebih parah," kata Bambang, menanggapi hasil survey TII tersebut.

Kepada wartawan di Bandung, Minggu (3/12/2017), Bambang mengatakan, hasil survey TII ini membuktikan suap di Kota Bandung sudah membudaya, siapapun yang menjadi pimpinan di lembaga perijinan. "Tetap pemimpin lembaga perijinan itu tak bisa menuntaskan masalah suap ini," katanya.

Melihat hasil survey, katanya, suap di tahun 2017 lebih parah dibandingkan tahun 2015 dan 2017. "Artinya juga, pimpinan lembaga perijinan sebelum 2017 juga ada upaya menerkan angka suap. Tapi ternyata tahun 2017 ini lebih parah," katanya lagi.


Ia menambahkan, budaya suap ini jangan sampai menggurita dan harus dihentikan. "Jangan sampai memakan korban lagi, dan mungkin justru pelaku suap yang sebenarnya masih berkeliaran," kata Bambang mengakhiri. (*)

Oleh: ude gunadi / ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Flyover Kopo Diuji Coba selama Sepekan
Yana Mulyana Resmi Jabat Wali Kota Bandung, Gubernur Minta Komunikasi dengan Pemprov Ditingkatkan
Wow, DPRD Kota Bandung Anggarkan Rp1 Miliar untuk Beli Ponsel Mewah di Tengah Pandemi Covid-19
Mochtar Kusumaatmadja Bakal jadi Nama Jalan Gantikan Flyover Pasupati
Cegah Penyebaran Omicron, Pemkot Bandung Tutup 3 Jalan Utama & Terapkan Ganjil-Genap di Gerbang Tol
Berita Terdahulu

Info Kota


Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads