web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    BPJPH Susun Permenag tentang Registrasi Halal
    net ilustrasi

    BPJPH Susun Permenag tentang Registrasi Halal

    • Jumat, 1 Desember 2017 | 07:26:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tengah menyusun Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Registrasi Halal.

    PMA ini diperlukan sebagai dasar pelaksanaan kewenangan BPJPH dalam melakukan registrasi sertifikat halal dan produk halal luar negeri.

    Dikutip dari situs kemenag, dalam proses penyusunan PMA tersebut, BPJPH menggelar focus group discussion (FGD) Penyusunan Peraturan Menteri tentang Registrasi Halal. FGD yang berlangsung 29 November hingga 1 Desember 2017 di Jakarta ini diikuti perwakilan unit eselon satu Kementerian Agama yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK, auditor halal, perwakilan Perguruan Tinggi Islam, dan beberapa stakeholder terkait lainnya.

    Selain Kepala BPJPH Sukoso, juga hadir beberapa narasumber lain dari praktisi yang ikut berkontribusi terhadap rancangan regulasi tersebut. "BPJPH dapat melakukan kerja sama dengan lembaga dalam dan luar negeri di bidang penyelenggaraan JPH," papar Sukoso di Jakarta, Rabu (29/11).

    Menurutnya, produk halal luar negeri yang ingin masuk ke Indonesia, tidak perlu diajukan permohonan sertifikat halalnya sepanjang sertifikat halal diterbitkan oleh lembaga halal luar negeri yang sudah melakukan kerjasama saling pengakuan sertifikat halal dengan BPJPH.

    Namun demikian, sertifikat halal untuk produk yang masuk ke dalam negeri, wajib diregistrasi di BPJPH sebelum produk diedarkan di Indonesia. "Rancangan regulasi ini memuat ketentuan tentang registrasi sertifikat halal dan lembaga pemeriksa halal luar negeri," jelasnya.

    Mengkritisi tentang rancangan ketentuan registrasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), perwakilan UIN Syarif Hidayatullah, Zilhadia, menyampaikan masukannya agar regulasinya dibuat terperinci sehingga memudahkan BPJPH dalam pemantauan terhadap kinerja LPH. (*)

    Oleh: hendra karunia / den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Iriawan: Maknai HUT RI dengan Aksi Nyata
    Indonesia Jadi Tujuan Melanjutkan Pendidikan
    PT KAI Siap Sukseskan Asian Games 2018
    Aher tak Bisa jadi Calon Wakil Gubernur DKI
    RSHS Bandung, RS rujukan Atlet Asian Games 2018
    Berita Terdahulu

    Editorial

    • Dirgahayu Republik Indonesia
      Dirgahayu Republik Indonesia

      PADA 17 Agustus 2018, Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73 tahun. Memeringati terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

      Advertisement On Google