web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Situs Raja Thailand di Dago Bakal Didisain Ulang
    net Prasasti Raja Thailand terbengkalai

    Situs Raja Thailand di Dago Bakal Didisain Ulang

    • Jumat, 1 Desember 2017 | 07:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung berencana mendisain ulang situs bersejarah Prasasti Raja Thailan di Curug Dago yang saat ini terbengkalai.

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, situs yang sempat sempat dikunjungi Raja Thailand pada 1896 silam tersebut kondisinya tidak terawat.

    "Minggu lalu saya bertemu dengan Dubes Thailand. Mereka prihatin karena situs bersejarah Raja Thailand di Dago tidak terawat," ujar Emil saat berbicara pada Simposium Nasional Pelestarian Cagar Budaya di Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Kamis (30/11/2017).

    Dalam perawatannya nanti, kata Eml, Pemerintah Thailand juga akan mengirimkan tukang bangunan serta staf ahlinya sehingga dapat memberi ide dan sentuhan khas Negeri Gajah Putih tersebut. "Saya kira itu jadi PR kita (Pemkot Bandung). Dalam waktu 6 bulan ini, request itu bisa kita penuhi," tegas Emil.

    Tempat tersebut diketahui sebagai situs bersejarah dari prasasti batu Kerajaan Thailand yang berasal dari abad ke 19. Prasasti batu ini bertuliskan nama raja Thailand, diketahui bernama Raja Chulalongkom II atau Rama V.
    Raja Chulalongkom II pertama kali mengunjungi Curug Dago pada 1896 dan kembali untuk kedua kalinya pada tahun 1901. Pada kunjungan kedua, dia menuliskan menuliskan sebuah paraf dan tahun Rattanakosin, Era 120 di sebuah batu prasasti lainnya. Selain itu, Raja Rama VII juga diketahui mengunjungi Curug Dago pada tahun 1929. Hal ini dapat diketahui dari tulisannya pada suatu batu prasasti. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Deklarasi, Rio Wilantara Siap Satukan KNPI Jabar
    Stok Pangan Aman hingga Akhir Tahun
    Warga Tamansari Dipersilakan Gugat Pemkot ke PTUN
    2.000 Personil Siap Amankan Tahun Baru di Bandung
    Emil Janji Tuntaskan Tugas Wali Kota Tahun Depan
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Pilwalkot Bandung 2018