web stats service from statcounter

Daftar Pemain

  • DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017
    DAFTAR PEMAIN PERSIB MUSIM 2017

    DALAM mengikuti kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, tim Persib Bandung berkekuatan 27 pemain. Berikuti ini daftar lengkapnya.

    Editorial

      Hot News

      Jadwal

        Ini Tantangan Berat Gomez jadi Pelatih Persib
        net Mario Gomes saat melatih JDT

        Ini Tantangan Berat Gomez jadi Pelatih Persib

        • Kamis, 30 November 2017 | 07:37:00 WIB
        • 0 Komentar

        JuaraNews, Bandung - Pelatih asal Argenetina Roberto Carlos Mario Gomes akan mengisi kursi panas pelatih kepala Persib Bandung musim 2018 mendatang.

        Jabatan pelatih kepala tim Maung Bandung ini tergolong angker bagi pelatih asing. Sepanjang sejarah, sejak era Perserikatan di awal 1980-an, tak ada satupun pelatih asing yang berhasil memberikan prestasi kepada Persib. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang dipecat atau mengundurkan diri di tengah jalan sebelum menyelesaikan masa tugasnya. Inilah yang menjadi tantangan terbesar Mario Gomez untuk meruntuhkan mitos bahwa Maung Bandung tak pernah sukses di tangan pelatih asing.

        Persib sendiri sebelumnya menjadi pelopor tim yang menggunakan jasa pelatih asing. Hal tersebut dilakukan saat masih berlaga di kompetisin Perserikatan PSSI, tepatnya pada 1982 lalu atau 35 tahun silam. Dari 8 pelatih asing yang pernah menangani Persib, tidak ada yang bisa memberikan gelar. Bahkan 2 di antaranya dipecat di tengah jalan, 3 pelatih mengundurkan diri, dan 3 lainnya tak diperpanjang kontraknya.

        Peran pelatih asing di skuat Maung Bandung dimulai oleh Marek Janota asal Polandia pada 1982. Setelah cukup sukses menangani timnas Indoensia pada 19790-1980, Jonata gagal membuat Persib bersinar dalam kepemimpinannya selama 3 musim. Namun beruntung sentuhan tangah Jonata melahirkan sejumlah pemain hebat yang akhirnya mengantarkan Persib juara pada musim 1985-1986.

        Pelatih asing kedua Persib masih dari Polandia, yakni Marek Andrejz Sledzianowski yang bergabung pada 2003. Umur Andrejz di Bandung cukup singkat, yakni hanya melakoni 12 laga sebelum akhirnya dipecat karena tak mampu memperbaiki performa Maung Bandung.

        Setelah sempat ditangani caretaker, selanjutnya pelatih asal Chile Juan Antonia Paez tampil menggantikan Andrejz. Paez yang berhasil menyelamatkan Persib dari degradasi meneruskan kariernya di musim 2004, yang membawa Maung Bandung finis di peringkat 6.

        Dua musim berikutnya atau pada 2006-2007, giliran pelatih asal Moldova Arcan Iurie Antonicivie yang menangani Pangeran Biru. Di tangan Iurie, di musim pertamanya, Persib pun nyaris degradasi, sedangkan padan tahun kedua, Iurie tak mampu membawa Persib ke babak 8 besar.

        Di era Liga Super Indonesia hingga musim 2016 lalu, Persib dilatih 4 pelatih asal Balkan. Dimulai oleh Daniel Darko Janackovic asal Serbia pada musim 2010. Namun kiprah Darko hanya seumur jagung. Bahkan Darko dipecat saat jabatannya belum genap 2 bulan, yang dilakukan sebelum kompetisi dimulai. Posisinya pun diisi oleh asistennya sesama asal Serbia, Jovo Cuckovic .

        Serupa dengan Darko, Cuckovic pun tak bertahan lama sebelum dipecat dan digantikan pelatih lokal Daniel Roekito. Di musim berikutnya, manajemen Persib masih terobesesi untuk merekrut pelatih asing dengan mendatangkan pelatih asal Kroasia, Drago Mamic pada musim 2011. Namun Mamic hanya mejalani kontraknya setengah musim sebelum akhirnya mengundurkan diri, dan digantikan caretaker Robby Darwis dan dilanjutkan oleh Pelatih Djadjang Nurdjaman.

        Manajemen Persib kembali mempercayai jabatan pelatih kepala kepada asing. Kali ini, giliran Dejan Antonic yang menjadi pelatih asing ke-8 yang menangani Persib. Pelatih asal Serbia ini ditunjuk menjadi pelatih pada musim 2016 menggantikan Djadjang Nurdjaman yang harus mengikuti pelatihan di Italia. Namun merosotnya prestasi Persib membuat Dejan hanya bertahan tidak sampai setengah musim di Bandung, sebelum akhirnya kembali digantikan oleh Djadjang.

        Kini pelatih asing ke-9 datang, yakni Mario Gomes yang bertekad mengembalikan prestasi Persib, sekaligus menghapus mitos buruk para pelatih asing di skuat Maung Bandung.

        “Dia (Gomez) butuh tantangan dan atmosfer sepak bola Indonesia yang luar biasa. Dan Persib merupakan tim besar, Gomez tertantang untuk mengembalikan prestasi Persib,” ujar agen Gomez, Gabriel Budi menanggapi hal tersebut.

        Harapan tinggi pun disampaikan Manajer Persib Umuh Muchtar. Bahkan Umuh menginginkan Gomez membawa Persib kembali juara setelah pada Liga 1 2017 gagal total. Kehadiran Gomez pun diharapkan memutus catatan buruk para pelatih asing terdahulu yang selalu gagal membawa Persib juara.

        Seperti yang dilakukan Gomez bersama JDT yang dibawanya meraih treble sebagai juara AFC Cup, FA Cup Malaysia, dan Liga Malaysia 2015."Mudah-mudahan saja, nanti pun dengan Persib Bandung, dia akan bisa membawa juara dan mencacat sejarah pelatih asing yang membawa Persib juara. Insya Allah," kata Umuh. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Disebut The Next Eka, Zola Ingin Jadi Diri Sendiri
        Kurang dari Sepekan, Gomez Sudah Betah di Bandung
        Ini Alasan Tantan Belum Ikut Latihan bersama Gomez
        Gomez Terkesan dengan Pemain Muda Persib
        Gomez Kantongi 6 Pemain Incaran Persib Musim 2018
        Berita Terdahulu

        Advertisement On Google

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 34 69
        2 Bali United 34 68
        3 PSM Makassar 34 65