web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Gunung Agung Meletus, Pemerintah Sudah Antisipasi
    net Warga terdampak letusan Gunung Agung mengungsi

    Gunung Agung Meletus, Pemerintah Sudah Antisipasi

    • Rabu, 29 November 2017 | 08:01:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengubah status Gunung Agung di Kabupaten, Karangasem, Bali, dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). Status ini adalah status tertinggi dalam status gunung api. 

    "Pemerintah baik di pusat maupun daerah telah siap untuk mengantisipasi dampak jika Gunung Agung di Bali meletus," ucap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di Istana Wakil Presiden, Senin (27/11/2017).

    Menko Puan mengatakan, pemerintah telah siap dalam menangani pengungsian yang terjadi akibat letusan Gunung Agung. "Sekitar radius 7 km sudah kita antisipasi kita akan ungsikan mereka ke mana, semua kabupaten, kota, gubernur juga sudah siap apa saja kebutuhannya. Itu semua juga sudah kita koordinasikan," katanya.

    Keberadaan turis juga menjadi perhatian pemerintah agar mereka ikut berhati-hati dalam keadaan erupsi gunung agung. Karena menurut Puan, erupsi terus terjadi, dan sulit diprediksi. "Jadi bukan hanya penduduk. Tapi seluruh turis juga sudah kita berikan warning," tutur Puan.

    Di lain sisi, terkait kondisi penerbangan, Puan mengaku telah melakukan langkah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan. "Pesawat yang saat ini tidak boleh terbang karena erupsi tersebut, tentunya Kementerian Perhubungan sudah mengantisipasi kapan boleh terbang, kapan tidak boleh terbang. Sudah ada langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan," jelas Puan.

    Diketahui, status Gunung Agung dinaikkan sejak teramati adanya sinar merah di puncak gunung setinggil 3.142 mdpl pada Minggu (26/11) malam. Sementara itu, erupsi kepulan abu terus menerus ini yang disertai erupsi eksplosif dan terdengar suara dentuman lemah hingga radius 12 kilometer dari puncak gunung. Hal ini bisa jadi menandakan potensi letusan lebih besar mungkin akan segera terjadi. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Puan: PKH Jangan Dipakai Jajan atau Beli Pulsa
    Perpres Dana Abadi Pendidikan Segera Dituntaskan
    Peringatan Tsunami Dicabut, Warga Diminta Kembali
    Jabar Diguncang Gempa, Warga Diimbau Jauhi Pantai
    Menko PMK Minta Penyusunan Buku Dicek dan Ricek
    Berita Terdahulu

    Editorial

      Advertisement On Google