web stats service from statcounter

Hot News

Inspirasi

    Jabar Optimistis Capai 2 Juta Kesempatan Kerja
    net

    Jabar Optimistis Capai 2 Juta Kesempatan Kerja

    • Rabu, 29 November 2017 | 04:45:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar optimistis, target 2 juta kesempatan kerja akan tercapai paling lambat Juni 2018.

    Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Ferry Sofwan mengungkapkan, terhitung sejak 2013 hingga 27 November 2017 sudah terealisasi 1.821.665 kesempatan kerja, baik untuk penempatan kerja antarlokal, antardaerah, maupun antarnegara. Sepanjang 2017 ini saja sudah terealisasi 315.394 kesempatan kerja.

    "Masih ada waktu lebih dari 6 bulan untuk merealisasikan terget 2 juta kesempatan kerja. Berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), target 2 juta kesempatan kerja diproyeksikan harus tercapai paling lambat Juni 2018," jelas Ferry, Senin (27/11/2017).

    Ferry menerangkan, realisasi lebih dari 1,8 juta kesempatan kerja yang kini sudah tercipta, di antaranya berasal dari serapan tenaga kerja baik penanaman modal dalam negeri maupun asing di Jabar. Selanjutnya pelatihan ketenagakerjaan, program Wirausaha Baru Jabar, dan transmigrasi. Selain itu juga dari data tenaga kerja baru yang dicatat BPJS Ketenagakerjaan.

    "Warga Jabar yang bertransmigrasi juga dicatat sebagai mereka yang mendapatkan kesempatan kerja baru. Jumlahnya memang sedikit, tahun ini 70 kepala keluarga dan tahun lalu 150 kepala keluarga. Ini sesuai kuota kementerian," paparnya.

    Menurut Ferry, tidak semua kesempatan kerja yang terealisasi dalam program tersebut merupakan formal, sebagian juga diberikan sektor informal.

    Sebagai bentuk pertanggungjawaban pencapaian program tersebut, jelas Ferry, pihaknya akan menggelar Launching Dua Juta Kesempatan Kerja dan Bursa Kerja di Kantor Disnakertrans Jabar, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung pada29-30 November.

    "Bursa kerja ini terbuka untuk umum, gratis. Akan ada 30 perusahaan yang ikut ambil bagian. Lowongan yang tersedia untuk pria ataupun wanita dengan latar belakang pendidikan mulai dari tingkat SMA/SMK sampai Sarjana," jelas Ferry.

    Untuk rincian jumlah formasinya, Ferry belum bisa menyampaikan secara detil. Namun perusahaan yang akan ikut ambil bagian di antaranya bergerak di sektor makanan minuman, tekstil dan garmen, ritel modern, manufaktur, perbankan, operator telekomunikasi, serta farmasi.

    "Lulusan SMA/SMK yang ingin mengikuti program magang kerja ke Jepang juga bisa mendapatkan informasi lengkap pada kegiatan ini. Akan hadir juga sejumlah alumni magang dengan mengenakan busana khas Jepang," tuturnya.

    Setiap tahunnya, Pemprov Jabar sendiri mengirim sekitar 100 lulusan SMA/SMK untuk mengikuti program magang ke Jepang. Sejak digelar pada 1997, sudah lebih dari 2.000 warga Jabar yang mengikuti program ini. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Pemerintah Ajak Swasta Ikut Percepat Pembangunan
    Pemerintah Genjot Pembangunan Infrastruktur
    Bio Farma Jadwal Ulang Eskpor Vaksin Difteri
    PT SBL-BTN Syariah Gulirkan Dana Talang Umrah
    Vaksin Indonesia Dibutuhkan di Banyak Negara Islam
    Berita Terdahulu

    Editorial